Yasonna Laoly Kenang Sabam Sirait Sebagai Panutan dan Guru Politik

  • Whatsapp
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menyebut politisi senior PDIP Sabam Sirait sebagai guru politik yang menjadi panutan berbagai politisi nasional saat ini.
banner 300x250

Havana88- Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menyebut politisi senior PDIP Sabam Sirait sebagai guru politik yang menjadi panutan berbagai politisi nasional saat ini.

Yasonna mengaku saat menjadi mahasiswa dan kader Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), ia terpesona dengan sosok Sabam.

Read More

“Dia adalah teman dan guru politik saya, sejak saya masih mahasiswa, dia menjadi kader GMKI sejak tahun 70-an, bahkan di masa awal Bang Sabam dan teman-teman PDI-nya saat itu melawan kampanye di Sumut, saya sudah terkena senior saya ini,” kata Yasonna saat prosesi pemakaman Sabam Sirait, Minggu (3/10/2021).

Bahkan, Yasonna mengaku bisa terjun ke dunia politik karena intervensi Sabam. Dia mengatakan berani mencalonkan diri dalam pemilihan DPRD 1999 karena semangat Sabam.

Saat ke DPR RI pada 2004, Yasonna juga mengaku Sabam Sirait yang membantu membukakan jalan baginya.

“Mungkin itu pintu pertama saya ke pentas nasional. Saya belajar tentang konsistensi tentang kesederhanaan dan integritas tentang bentrokan tetapi tidak meninggalkan prinsip keteguhan dalam bersikap dan mengajari kami saudara-saudaranya di Matraman, PDIP,” kenangnya.

Orang yang Berpihak pada Orang Kecil

Tak hanya itu, Yasonna mengenang Sabam sebagai sosok yang selalu berpihak pada rakyat kecil. Itu membuatnya menjadi panutan bagi semua juniornya.

“Pihaknya menuju keadilan dan tentunya kepada masyarakat yang kurang mampu,” kata Yasonna. Saya kira ini contoh untuk kita semua, selamat tinggal kakak, terima kasih,” kata Yasonna.

Politisi senior PDIP yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Sabam Sirait meninggal dunia pada Rabu, 29 September 2021 pukul 22:37 WIB.

“Dia telah kembali kepada Bapanya di Surga: Bapak SABAM SIRAIT (Ompung Marsahala Doli) (Usia 85 tahun) Rabu, 29 September 2021 pukul 22:37 WIB di RS Siloam Karawaci,” kata Putra Nababan, menantu laki-laki dari Sabam Sirait.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250