Warga Bandung Bentangkan Merah Putih Sepanjang 76 Meter

  • Whatsapp
Bendera Indonesia sepanjang 76 meter itu membentang di tepi Sungai Cikijing, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Sabtu (14/8/2021). Panjang bendera merah putih sama dengan usia 76 tahun kemerdekaan Republik Indonesia.
banner 300x250

Havana88 –   Bendera Indonesia sepanjang 76 meter itu membentang di tepi Sungai Cikijing, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Sabtu (14/8/2021). Panjang bendera merah putih sama dengan usia 76 tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Puluhan orang yang tergabung dalam kelompok Pramuka Rancaekek dan Pasukan Penyeberangan Sungai dan Ekosistem Rancaekek (PASSER) harus menceburkan diri ke sungai sebelum mengibarkan bendera merah putih di tepian Sungai Cikijing.

Read More

Sebuah perahu karet dari barat datang kepada mereka yang sudah berendam di sungai. Salah satunya memegang ujung bendera. Dengan sekuat tenaga, mereka harus menarik Merah-Putih ke tepi sungai.

Ketua Pelaksana Adrian mengatakan, ritual pelemparan bendera ke dalam air merupakan tanda bahwa masyarakat harus bersatu dengan alam. Jaga alam, alam akan menjaga kita, kata Adriana.

Setelah ditarik dari sungai, bendera dikibarkan dari timur ke barat. Orang-orang yang menyaksikannya langsung memberi hormat. Lagu Indonesia Raya juga mengiringi proses geliat si Merah-Putih.

Bendera yang membentang sepanjang 76 meter itu menandai usia kemerdekaan Republik Indonesia. Bendera merah putih akan dikibarkan hingga 17 Agustus 2021 dan akan diturunkan pada sore hari.

“Kebetulan ini melambangkan bendera Merah Putih sepanjang 76 meter. Ini melambangkan peringatan 76 tahun kemerdekaan kita,” katanya.

Selain itu, kata Adriana, Sungai Cikijing akan dijadikan sebagai tempat wisata air. Nantinya, lokasi tersebut akan dijadikan sebagai tempat edukasi tentang pelestarian alam. Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan, termasuk sungai.

“Jangan membuang sampah ke sungai karena sungai bukan tempat sampah. Karena sungai adalah salah satu sumber kehidupan kita,” kata Adriana.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250