Wapres Afghanistan Bersumpah Lawan Taliban

  • Whatsapp
Saat Taliban menyiksa saudara perempuannya untuk mencari tahu tentang keberadaannya adalah titik balik dalam hidupnya.
banner 300x250

Havana88 –    Saat Taliban menyiksa saudara perempuannya untuk mencari tahu tentang keberadaannya adalah titik balik dalam hidupnya. “Pandangan saya tentang Taliban berubah selamanya karena apa yang terjadi pada tahun 1996,” tulisnya dalam editorial majalah TIME tahun lalu.

Setelah serangan 11 September 2001, Saleh, yang masih menjadi bagian dari perlawanan anti-Taliban, menjadi aset penting badan intelijen AS, CIA. Ini juga membuka jalan baginya untuk memimpin badan intelijen Afghanistan, Direktorat Keamanan Nasional (NDS), pada tahun 2004.

Di bawah Saleh, NDS diyakini telah mengumpulkan jaringan informan dan mata-mata yang luas di daerah-daerah sejauh perbatasan Pakistan, di mana agen-agen berbahasa Pastho melacak pergerakan para pemimpin Taliban. Intelijen yang dikumpulkan oleh Saleh membuktikan militer Pakistan terus mendukung Taliban.

Pada 2010 ia dikeluarkan dari NDS dan mengisolasi dirinya dari politik. Namun dia terus menyerang Taliban secara verbal melalui Twitter. Saleh kembali ke politik pada 2018 setelah menjalin aliansi dengan Presiden Ghani, yang kini telah melarikan diri ke lokasi yang tidak diketahui.

Saat AS bersiap untuk menarik pasukan dari Afghanistan, Saleh menjadi korban dari serangkaian upaya pembunuhan oleh Taliban. Salah satunya pada September tahun lalu ketika sebuah ledakan bom besar menghantam konvoi dan menewaskan 10 orang di Kabul.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250