Upacara HUT RI Dilaksanakan Di Dalam Goa

  • Whatsapp
Upacara bendera peringatan HUT RI ke-76 digelar berbeda di salah satu tempat wisata di Purbalingga, Jawa Tengah. Karena upacara tersebut tidak diadakan di lapangan atau ruang terbuka melainkan di dalam gua.
banner 300x250

Havana88 –  Upacara bendera peringatan HUT RI ke-76 digelar berbeda di salah satu tempat wisata di Purbalingga, Jawa Tengah. Karena upacara tersebut tidak diadakan di lapangan atau ruang terbuka melainkan di dalam gua.

Suasana khusyuk terlihat di sepanjang acara. Meski dalam suasana remang-remang, para petugas tampak berjalan dengan lancar melalui setiap rangkaian upacara.

Read More

“Kami ingin menghormati bangsa ini dengan mengadakan upacara di dalam goa. Biasanya upacara dilakukan di lapangan karena kami punya goa jadi di sini kami, kami hormati,” kata Manajer Gua Lahar Purbalingga (GOLAGA) Bambang Adi di lokasi upacara, Selasa (17/17/2020). 8/2021)

Menurut Adi, pihaknya sudah mempersiapkan upacara cukup lama agar upacara dapat berjalan sesuai harapan. Menurutnya, jumlah peserta terbatas karena upacara kali ini dilakukan pada masa Pandemi.

“Karena kondisi pandemi, upacara bendera ini harus mengikuti protokol kesehatan. Kapasitas dan ruang goa ini tidak muat banyak, makanya kami batasi jumlah pesertanya 30 orang dan tetap proses serta jaga jarak,” ujarnya.

Adi menjelaskan, seluruh petugas dan peserta upacara adalah pegawai GOLAGA. Menurutnya, upacara di goa tersebut bukan yang pertama kali dilakukan GOLAGA di dalam goa.

“Ini (upacara di dalam gua) sudah dua kali kami adakan, dan ke depan akan menjadi agenda rutin kami setiap 17 Agustus,” pungkasnya.

Selain di goa, upacara bendera di hari kemerdekaan juga sering digelar di berbagai tempat unik di Indonesia. Misalnya, pendaki yang mengibarkan bendera merah putih di gunung atau penyelam yang mengibarkan bendera merah putih di bawah laut.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250