Timnas Indonesia Dihajar UEA Di Laga Penutup 5 – 0

  • Whatsapp
Timnas Indonesia tak berdaya melawan ketangguhan Uni Emirat Arab (UEA) pada laga terakhir grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Jumat (11/6/2021) malam WIB, Indonesia takluk dengan skor 0-5.
banner 300x250

Havana88 –   Timnas Indonesia tak berdaya melawan ketangguhan Uni Emirat Arab (UEA) pada laga terakhir grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Jumat (11/6/2021) malam WIB, Indonesia takluk dengan skor 0-5.

Sebelum pertandingan, Timnas Indonesia mengalami cedera usai kalah dari Vietnam. Kemudian di laga ini tanpa didampingi Shin Tae-yong di bangku cadangan. Indonesia hanya mengalami sedikit perubahan komposisi. Sejumlah wajah baru yang kerap menghiasi bangku cadangan, terungkap sejak menit pertama.

Read More

Kiper M. Riyandi diyakini sudah mengamankan gol untuk menggantikan Nadeo Argawwinata yang selalu tampil di dua laga sebelumnya. Serta gelandang jangkar Adam Alis, membantu rekan senegaranya Evan Dimas di tengah.

Permainan tim Merah Putih terutama lini belakang cukup percaya diri dan solid setidaknya di 20 menit pertama. Tekanan sporadis dari tuan rumah UEA diluncurkan melalui permainan bola pendek umpan tiki-taka satu-dua sentuhan.

Lini belakang yang dikomandani Rachmat Irianto dan Arif Satria cukup mampu membaca serangan UEA. Termasuk menyalakan peluang serangan balik terlambat. Hanya saja bola selalu terbuang percuma dan sering hilang karena mudah ditangkap lawan.

Bintang UEA Ali Ahmed Mabkhout akhirnya membawa timnya meraih kemenangan atas Indonesia pada menit ke-22. Satu atau dua operan dengan striker Khalfan Mubarak, tendangan Mubarak dibelokkan oleh Riyandi, namun Mabkhout lebih cepat dari bek Indonesia untuk menyelesaikan rebound menjadi gol.

Timnas Indonesia mendapat peluang pada menit ke-26, ketika umpan terobosan Kushedya Hari Yudo diambil terlambat oleh Evan Dimas. Sehingga bola yang sudah berada di area kotak penalti, dengan mudah ditangkap oleh bek UEA.

Gawang Timnas Indonesia kembali dibobol satu menit kemudian. Sebuah pelanggaran passing ke Asnawi Mangkualam, ditangkap oleh sayap kiri UEA dan kemudian melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti. Tendangan voli disambut dengan sundulan Fabio Silva untuk merobek gawang Riyandi.

Timnas Indonesia mendapat penalti pada menit ke-37, saat kapten tim UEA, Walid Abbas melakukan handsball yang berusaha menghentikan akselerasi Asnawi Mangkualam. Sayang, eksekusi penalti yang dilakukan Evan Dimas ditolak oleh kiper UEA, Ali Khaseif.

Tuan rumah semakin percaya diri dengan situasi unggul dua gol, dan banyak yang memainkan bola regional dengan satu atau dua sentuhan. Kiper Indonesia, M. Riyandi sangat sibuk hingga akhir babak pertama, karena UEA terus mengancam. Skor 2-0 atas Timnas Indonesia untuk UEA bertahan hingga jeda.

Babak Belur

Empat menit memasuki babak kedua, UEA menambah gawang mereka melalui eksekusi penalti Mabkhout. Hukuman diberikan ketika Khalfan Mubarak dilanggar di area terlarang. Dengan tiga gol tersisa, semakin sulit bagi Indonesia untuk mengejar ketertinggalan.

Tim merah putih memasukkan dua pemain dan Witan Sulaiman masuk menggantikan Osvaldo Haay. Sedangkan Egy Maulana Vikri masuk menggantikan kursi pada hari Yudo. Masuknya dua pemain ini sempat membuat lini depan semakin hidup meski selalu ditebas kaki bek Uni Emirat Arab.

Alih-alih mengecilkan kedudukan, Indonesia kembali mencetak gol pada menit ke-54. Skema serangan yang baik melalui Mahmud Khamis diselesaikan dengan sempurna oleh sundulan Fabio Lima, sehingga menjadi gol keduanya di pertandingan ini.

Indonesia kembali melakukan pergantian pemain dengan masuknya Syahrian Abimanyu. Pratama Arhan dkk. mencoba mencari celah di lini belakang UEA. Hanya saja bek lawan terlalu disiplin dan mudah membaca serangan Indonesia.

UEA tidak mengendurkan serangannya, ada peluang emas dari Mabkhout untuk melakukan solorun. Beruntung, tendangan kaki kirinya masih bisa dihentikan oleh Riyandi Timnas Indonesia yang mencoba menyerang lewat tendangan jarak jauh yang masih belum mengenai sasaran.

Riyandi kembali melakukan penyelamatan gemilang, sekaligus menggagalkan peluang Majed Hassan pada menit ke-70. Timnas Indonesia membalas dengan peluang dari Egi Maulana Vikri, tendangan kerasnya dari luar kotak penalti bisa dibelokkan oleh kiper UEA.

Lini belakang Indonesia berantakan sepanjang sisa pertandingan. Lima menit sebelum waktu normal berakhir, UEA menang dengan gol kelima yang dicetak pemain pengganti Sebastian Tagliabue. Keunggulan 5-0 UEA atas Indonesia bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Kekalahan telak di laga penutup kualifikasi piala dunia 2022 membuat Timnas Indonesia semakin tertahan di dasar klasemen grup G. Hanya dengan mengumpulkan satu poin dari delapan pertandingan

banner 300x250

Related posts

banner 300x250