Tentara Afghanistan Berhasil Menangkap Empat Orang Pelaku Serangan Roket Saat Salat Idul Adha

  • Whatsapp
banner 300x250

Havana88 –   Tentara Afghanistan berhasil menangkap empat anggota Taliban, termasuk seorang komandan yang melakukan serangan roket saat salat Idul Adha beberapa waktu lalu.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan polisi telah menangkap empat anggota Taliban dalam sebuah operasi di Kabul. Mereka ditangkap karena menjadi dalang serangan Idul Adha yang awalnya diklaim oleh ISIS.

Read More

“Seorang komandan Taliban, Momin, bersama tiga orang lainnya, telah ditangkap. Mereka semua adalah kelompok Taliban,” kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Mirwais Stanikzai kepada wartawan dalam sebuah pesan video.

Menurut juru bicara tersebut, Momin adalah pelaku utama serangan roket tersebut. Kelompok itu juga dilaporkan terlibat dalam serangan lain.

Pada Selasa (20/7), sedikitnya tiga roket mendarat di dekat Istana Kepresidenan Afghanistan di Kabul. Saat itu, Presiden Ashraf Ghani dan para petingginya sedang menggelar salat Idul Adha di lapangan terbuka di halaman kompleks Istana Kepresidenan. Meski terdengar ledakan di beberapa titik, Presiden tetap berdoa.

“Insiden itu tidak mengganggu pelaksanaan salat Idul Fitri di Istana Presiden,” kata seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri kepada kantor berita Xinhua.

Serangan di istana juga terjadi tahun lalu, ketika ratusan orang berkumpul untuk pelantikan Ghani sebagai presiden untuk dua periode. Serangan itu juga diklaim oleh ISIS.

Dalam beberapa tahun terakhir selama liburan Muslim, Taliban telah sering menyatakan gencatan senjata, menawarkan konsesi Afghanistan untuk mengunjungi keluarga dengan relatif aman. Tapi tahun ini, Taliban tidak menawarkan hal yang sama.

Untuk mengendalikan peningkatan kekerasan yang disebabkan oleh serangan Taliban, pihak berwenang Afghanistan memberlakukan jam malam di 31 dari 34 provinsi negara itu, kecuali Kabul, Panjshir dan Nagarhar. Aturan ini berlaku mulai Sabtu (24/7).

banner 300x250

Related posts

banner 300x250