Tari Tortor yang berasal dari daerah Sumatera Utara

  • Whatsapp
Tari Tortor yang berasal dari daerah Sumatera Utara
banner 300x250

Havana88detikIndonesia memiliki ratusan tarian khas. Salah satunya adalah Tari Tortor yang berasal dari Sumatera Utara.
Suku Batak Toba masih kuat dalam menganut adat istiadat dan budaya. Tak terkecuali warga Desa Huta Tinggi, yang menganggap Tari Tor Tor sebagai tarian yang sangat penting.

Ada tiga tarian Tor Tor yang sering dilakukan oleh para remaja di Desa Huta Tinggi. Mengenakan ulos, 10 gadis ini mulai menari.

3 Tarian Tortor adalah Gondang Siboru, Sitapitola, Sibungazabu. Gondang Sitapitola ini gerakannya lamban, jadi sepertinya sedang sedih. Gondang Siboru sedang, sedangkan Gondang Sibungazabu agak cepat.

Menurut warga Desa Huta Tinggi, tarian Tortor merupakan salah satu persembahan untuk Mulajadi Nabolon atau dewa tertinggi dalam mitologi Batak. Ritual juga harus menggunakan alat musik Gondang Bolon dan Gondang Hasapi.

Hukum wajib menggunakan Gondang Bolon dan Gondang Hasapi. Tanpanya, Anda tidak dapat menampilkan tarian Tortor. Tari Tor Tor biasanya juga dibawakan saat menyambut tamu yang datang berkunjung ke desa.

Menurut filosofi Batak, tamu yang datang harus dihormati. Akan lebih terhormat untuk menyambut tamu kami dengan genderang dan tarian Tortor.

Masyarakat Batak setempat khawatir budaya drum akan hilang seiring dengan penggunaan alat musik elektronik seperti keyboard. Sehingga, parmalim tetap mempertahankan bedug sebagai alat musiknya.

Untuk melestarikan budaya agar tetap terjaga, setiap acara adat yang diadakan selalu menggunakan drum dan tidak pernah menggunakan keyboard. Jika tidak ada drum, maka tidak ada musik sama sekali

banner 300x250

Related posts

banner 300x250