Soal Penetapan Tersangka, KPK Pegang Prinsip The Sun Rise and The Sun Set

  • Whatsapp
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli bahuri mengaku terus mendengar masukan masyarakat tentang upaya hukum pemberantasan korupsi.
banner 300x250

Havana88- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli bahuri mengaku terus mendengar masukan masyarakat tentang upaya hukum pemberantasan korupsi.

Namun, Firli menegaskan, upaya pemberantasan korupsi tidak bisa dilakukan secara gegabah, apalagi dengan menetapkan status tersangka secara sewenang-wenang kepada tersangka pelaku.

Read More

“KPK hanya akan menetapkan seseorang sebagai tersangka berdasarkan bukti yang cukup, dan KPK memegang prinsip matahari terbit dan terbenam, begitu seseorang menjadi tersangka harus segera dibawa ke pengadilan,” kata Firli dalam keterangan tertulis, Senin (6/9/2020). 2021).

Filri menjelaskan, seseorang menjadi tersangka bukan karena ditetapkan KPK. Menurutnya, tersangka adalah seseorang yang karena perbuatannya dan/atau keadaannya berdasarkan bukti permulaan cukup untuk diduga sebagai pelaku tindak pidana.

“Mohon dimaklumi, jadi tugas penyidik ​​KPK adalah bekerja mencari dan mengumpulkan keterangan saksi, barang bukti dan dengan alat bukti ini memperjelas perkara pidana untuk menemukan tersangkanya,” ujarnya.

Pedoman Kerja KPK

Firli menegaskan KPK bekerja berdasarkan prinsip-prinsip dalam menjalankan tugasnya, antara lain menegakkan kepastian hukum, keadilan, kepentingan umum, transparansi, akuntabilitas, proporsionalitas, dan hak asasi manusia.

“KPK terus bekerja mengumpulkan informasi dan bukti. Tolong beri kami waktu untuk bekerja,” tegasnya.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250