Selain Barack Obama, Baim Wong Puji Teknik Pidato Presiden Soekarno

  • Whatsapp
Selain Barack Obama, Baim Wong Puji Teknik Pidato Presiden Soekarno
banner 300x250

Havana88 – Aktor Baim Wong mengaku sangat mengagumi teknik Barack Obama dalam berpidato. Kekaguman itu bahkan diperlihatkannya dengan mengunggah sebuah video lawas mantan presiden Amerika Serikat tersebut.

Video itu diambil saat Obama mengisi sebuah ceramah di Universitas Indonesia, pada November 2010. Dia membuka bicara itu dengan kalimat, “Biarkan saya memulai dengan sebuah pernyataan sederhana bahwa Indonesia bagian dari diri saya.”

Read More

Bersama video itu, Baim Wong mengaku, sangat jarang berbicara berbicara-tokoh dunia maupun dalam negeri. sebagian besar, bicaranya sudah terkonsep dengan format serupa.

“Kalau di Indonesia, maaf (ini pandangan saya saja), awalan bicaranya selalu sama dan membosankan. Karena akan selalu ada kalimat: Buat yang baik Bapak/Ibu. Itu bisa sampai 3-5 menit sendiri baru bicara,” ujarnya.

Jika ada pergantian orang yang berpidato, maka kalimat serupa akan terulang kembali. Dia menilai, hal itu sangat tidak efektif dan tidak membuat undangan mengundang undangan.

“Bagaimana orang bisa menikmati bicara jika awalannya saja sudah membosankan? Bagi saya, yang terpenting adalah bagaimana agar pidato itu bisa didengar, dinikmati, dan dipercaya oleh orang yang mendengarkannya,” katanya lagi.

Di mata Baim Wong, Barack Obama berbeda. Dia memiliki teknik perut sempurna yang selalu dikombinasikan dengan perasaan. Itulah yang menurut dia menjadikan Obama sebagai sosok karismatik dalam setiap bicaranya.

“Barack Obama adalah salah satu presiden terbaik dunia di mata saya. Kalau Indonesia, bicara Presiden Soekarno masih yang terbaik,” tuturnya.

sebagian warganet dikirimkan dengan unggahan Baim Wong tersebut. Seorang warganet mengatakan, “Orang berkharisma kalau berbicara semua akan diam dan menyimak. Sampai lupa waktu kalau ternyata sudah bicara panjang lebar.”

Lainnya, cerita tentang bagaimana cara bicara teknik di dalam negeri terasa membosankan. “Betul banget, Mas Baim Wong. Biar jadi contoh untuk negeri ini yang terlalu banyak basa-basi.”*

banner 300x250

Related posts

banner 300x250