Sandiaga: Melestarikan Budaya, Peningkatan Kreativitas, Membuka Kesempatan Lapangan Kerja

  • Whatsapp
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sanidaga Salahuddin Uno mengunjungi desa wisata Rejowinangun, Yogyakarta. Dalam kunjungannya, ia disambut dengan semaraknya pertunjukan wayang kulit yang dibawakan oleh seorang dalang kecil.
banner 300x250

Havana88- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sanidaga Salahuddin Uno mengunjungi desa wisata Rejowinangun, Yogyakarta. Dalam kunjungannya, ia disambut dengan semaraknya pertunjukan wayang kulit yang dibawakan oleh seorang dalang kecil.

Saat berbincang dengan dalang cilik berusia 9 tahun yang juga youtuber konten wayang, Sandi menuturkan, dalang cilik Adimas Alby Ersani Widyaputra mengaku sudah otodidak sejak berusia 3,5 tahun. Alby, begitu ia akrab disapa, selalu memperkenalkan keahlian dalangnya di Youtube-nya.

Read More

Alby mengungkapkan bahwa konten YouTube-nya dibuat untuk mempromosikan dan melestarikan budaya wayang yang digelutinya.

“Saya subscribe ya, karena saya sangat kagum dengan Alby yang melestarikan budaya bangsa,” kata Sandiaga yang subscribe akun Alby hingga naik menjadi 1.000 subscriber.

Alby adalah keturunan ke-9 dari kakek buyutnya, kakek buyutnya adalah seorang dalang terkenal bernama Mbah Gondo. Saking cintanya dengan wayang, di rumahnya ada paviliun kecil dengan pajangan wayang.

Alby sering mengikuti kompetisi dan telah memenangkan beberapa kompetisi. Dia memiliki prinsip sekolah dan wayang harus seimbang. Sepulang dari sekolah, studio atau mengaji, ia mengisi konten YouTube dengan wayang yang ia rekam di ponsel orang tuanya.

“Saya akan bantu promosikan agar subscribernya bertambah,” kata Sandiaga.

Bicaralah dengan Sandiaga

Sandi menegaskan, melestarikan budaya harus dimulai dari anak-anak, khususnya budaya wayang, seperti yang dilakukan Alby. “Melestarikan budaya wayang dimulai dari anak-anak, makanya kita dukung, juga kreativitasnya. Nanti saya ajak Alby untuk tampil di Washington DC, USA,” jelas Sandiaga Uno

Untuk meningkatkan kreativitas, Mas Menteri membelikan lima boneka pandawa untuk Alby. Ia memesannya langsung di pengrajin wayang golek Desa Rejowinangun di sentra kerajinan desa.

Selain membelikan boneka untuk Alby sebagai bekal, Sandiaga juga akan membeli ponsel canggih untuk digunakan membuat konten wayang di YouTube milik Alby.

Alby pun melampiaskan ke Sandiaga yang meminta kontennya dipromosikan.

“Ayo Pak, promosikan, suruh subscribe dan ikuti konten Alby,” ujarnya.

Alby juga mengaku hanya perlu disosialisasikan agar anak-anak Indonesia bisa mengenal seni wayang agar kesenian ini tidak punah ditelan waktu.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250