Saham GameStop Melambung Karena Gerakan Investor Reddit

  • Whatsapp
Saham GameStop Melambung Karena Gerakan Investor Reddit
banner 300x250

Havana88detik – Masalah saham yang naik dan turun tentu tidak perlu dibahas. Tapi saat penggerak nilai saham adalah kumpulan orang – orang dalam forum internet, hal ini menarik dibahas. Subreddit r/WallStreetBets menemukan saham yang telah dimanipulasi oleh institusi pemain saham. Saham yang dimanipulasi tersebut adalah milik GameStop.

Manipulasi yang dilakukan adalah sorting diatas batasan wajar. Saat melakukan sorting, saham dipinjamkan untuk dijual. Nantinya saat nilai saham turun, Anda membeli lagi saham yang dijual itu dengan harga yang lebih murah. Karena meminjam, Anda menghasilkan untung dari perbedaan penurunan nilai tersebut.

Read More

Nah, batasan wajar melakukan sorting umumnya 20%, di atas itu sorting menjadi terlalu beresiko. Saham yang di sorting terlalu tinggi akan mempengaruhi perusahaan secara langsung. Perusahaan yang terpengaruh kejatuhan harga saham, bisa berakhir bangkrut. Pada situasi di saham GameStop, posisi sorting mencapai 140%. Hal ini tentu tergolong ilegal.

Mana bisa pihak menjual saham di atas saham yang tersedia? Karena mengetahui hal ini, pihak r/WallStreetBets melakukan gerakan. Mereka membeli saham yang dijual oleh pelaku short seller untuk mendongkrak harga-nya.

Melakukan sorting memiliki kelemahan. Walaupun bisa untung besar karena perusahaan bangkrut, mereka akan merugi jika harga saham naik diluar perkiraan. Gerakan individu di Reddit menyebabkan nilai Saham GameStop melambung tinggi. Para pelaku sorting yang ingin menutup kerugian karena nilai saham naik akhirnya harus kembali membeli saham yang mereka jual walau harga mahal.

Pembelian dari short seller menambah kecepatan naik nilai saham. Hal ini terus berlangsung berkali – kali sampai para short seller bisa keluar dari zona rugi. Tapi karena sorting sudah mencapai 140%, pasti ada pihak short seller yang tidak bisa menemukan saham untuk dibeli. Mereka terjebak dalam kerugian yang tinggi dan kemungkinan akan bangkrut.

Cerita berbeda terjadi di r/WallStreetBets. Para individu di dalam forum ini melaporkan keuntungan yang tinggi. Mereka yang sudah membeli saham sejak 2020 merasakan kenaikan nilai yang menakjubkan. Walaupun kondisi saham GameStop sekarang tergolong tidak masuk akal tinggi nilainya, trading di saham ini menjadi ladang bagi mereka yang ingin ambil sedikit kue untuk untung.

Tapi disisi lain, hal ini juga tidak terlalu baik. Banyak orang yang masuk saham ini terpaksa rugi karena gerakan saham yang eratik. Karena kenaikan saham GameStop saat ini bersifat spekulatif, Anda tidak bisa gunakan analisis standar untuk memutuskan masuk atau keluar trading.

Walaupun menimbulkan chaos di banyak pengamat saham saat ini. Tindakan r/WallStreetBets tergolong unik. Banyak yang mengatakan peran mereka bisa tercatat di sejarah trading saham masa depan.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250