Risma Gandeng Lapan Lacak Penerima Bansos

  • Whatsapp
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dalam melacak rumah-rumah penerima bansos.
banner 300x250

Havana88 –   Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dalam melacak rumah-rumah penerima bansos. Hal ini untuk memastikan tepat sasaran penyaluran bansos.

“Kami juga bekerja sama dengan Lapan. Nanti kami akan tahu apakah posisi rumah itu berdasarkan data geospasial, citra satelit. Kami akan tahu posisi rumah (penerima bansos),” kata Risma dalam keterangan tertulisnya. diskusi virtual ‘Bansos potong, minta bantuan kemana? ?’ di YouTube KPK, Kamis (19/8/2021).

Read More

Risma mengatakan, pelacakan tersebut bertujuan untuk memastikan rumah penerima bansos sesuai dengan kriteria. Ia berharap upaya ini bisa dimaksimalkan.

“Agar suatu saat kalau dia bilang masih miskin, ‘rumahnya makin besar’, kita bisa bandingkan. Jadi, ke depan, kita bisa berharap masukannya bisa maksimal,” kata Risma.

Risma mengatakan, saat ini pihaknya masih bekerja sama dengan PT Pos dalam melacak koordinat rumah para penerima bansos. Saat ini, hanya foto rumah dan koordinatnya yang dapat direkam.

“Sekarang kalau PT Pos yang melakukannya, kami punya koordinat masing-masing rumah milik kami, karena PT Pos kebetulan yang mengantar. Kami minta aplikasi tambahan untuk foto rumah dan koordinatnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Risma mengatakan pihaknya akan segera melengkapi data bantuan sosial yang tepat sasaran kepada mereka yang membutuhkan. Misalnya kriteria pengguna listrik rumah.

“Nah, tapi bank kita belum punya. Ke depan akan kita lengkapi sehingga ada data numerik, kemudian data spasial, data kondisi yang disampaikan Prof Zudan (Dirjen Dukcapil) yang akan dibandingkan dengan data kependudukan,” ujarnya.

“Nah, alangkah baiknya jika kita juga melihat, misalnya ke depan, misalnya penggunaan listrik, nanti kita akan tahu lebih banyak. Kalau bisa tumpang tindih datanya, kita akan lebih lengkap,” lanjutnya.

Lebih lanjut Risma mengatakan, sebenarnya ada rumah dengan listrik 10 ribu watt yang masih menerima bantuan sosial. Hal seperti itulah yang akan diupayakan agar bantuan sosial tepat sasaran.

“Jadi bagaimana dia bisa menerima bantuan rumahnya, misalnya rumahnya 10 ribu watt, sebenarnya mendapat bantuan, dan ini kira-kira seperti itu. Jadi sekarang saya mencari sesuatu seperti itu untuk membuatnya sadar dan mereka ingin kembali. itu,” katanya.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250