Realisasi Portable Gaming PC Makin Dekat

  • Whatsapp
Realisasi Portable Gaming PC Makin Dekat
banner 300x250

Havana88detik – Sejak munculnya Nintendo Switch, banyak produsen gaming PC tertarik membuat terobosan di pasar portable. Pihak Alienware contohnya telah menunjukan prototype produk pada CES 2020 di Las Vegas. Mereka menunjukan portable gaming PC dengan fitur modular.

Setelah Alienware, Lenovo juga terjun ingin mencoba tes pasar. Mereka meluncurkan prototype yang dinamai LaVie Mini. Konsep produk ini adalah menggabungkan konsep Notebook dengan Nintendo Switch.

Layar LaVie Mini berupa tablet dengan dimensi 8-inci. Tablet ini bisa dihubungkan ke keyboard untuk mode Notebook atau dipasangkan dengan joystick modular untuk mode portable gaming. Karena fungsi ini, pengguna bisa menikmati gaming portable dan lebih bebas.

Ternyata kedua produk prototype ini menarik banyak pengguna gadget. Interest ini akhirnya dimanfaatkan oleh beberapa produsen lainnya. Walau sekarang dalam tahapan crowdfunding, ada dua produk lagi yang mengangkat konsep Portable gaming PC.

Dua produk crowdfunding ini adalah GPD Win 3 dan Aya Neo. Ukuran dua produk ini lebih ditujukan agar lebih portable. GPD Win 3 berukuran 5.5 inci dan memiliki slide up screen untuk mengakses keyboard. Di sisi layar produk ini, Anda bisa gunakan langsung joystick untuk gaming.

Sedangkan produk Aya Neo lebih ditujukan agar lebih dekat dengan Nintendo Switch. Karena memanfaatkan touch screen untuk keyboard, Anda tetap gunakan produk ini seperti Notebook tanpa keyboard fisik. Ukuran Aya Neo adalah 7 inci dalam dimensi.

Walaupun kedua produk ini kecil, spec didalamnya jangan dianggap remeh. Kemampuan chip dan rangkaiannya merupakan masa depan portable gaming PC. Dilengkapi dengan Intel Tiger Lake chips dan AMD Ryzen 45000U, kemampuan kedua nya sungguh baik.

Parts lain yang ada di dalamnya antara lain adalah 16GB RAM DDR4, NVMe SSD, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.0 serta Thunderbolt dock. Menggunakan rangkaian ini, performa PC portable ini sudah bagus mengingat ukurannya. Kedua portable PC ini bahkan bisa menjalankan Cyberpunk 2077 dengan resolusi 1280×800 di 30fps.

Hal yang masih menjadi tantangan untuk masa depan portable gaming PC sayangnya adalah harga. Kedua produk ini ditargetkan untuk harga 1.000 US Dollar. Harga ini tentu sangat tinggi. Nintendo Switch banyak dibeli karena harganya di area 250 sampai 300 US Dollar. Untuk harga sampai seribu, banyak orang lebih memilih membuat PC gaming yang besar.

Mari tunggu saja perkembangan dari teknologi gadget baru ini. Jika harga chip dan rangkaian partnya bisa menjadi murah kedepannya, gadget ini pasti akan laku di pasaran.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250