Presiden Jokowi Dan Baju Adat Baduy Sederhana

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menarik perhatian publik dengan mengenakan pakaian adat Baduy saat menghadiri Sidang Tahunan MPR. Seperti apa ceritanya?
banner 300x250

Havana88 –   Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menarik perhatian publik dengan mengenakan pakaian adat Baduy saat menghadiri Sidang Tahunan MPR. Seperti apa ceritanya?

Sidang Tahunan MPR dan Sidang Gabungan DPR dan DPD menjadi sorotan karena Presiden Jokowi datang mengenakan pakaian adat. Kali ini, Presiden Jokowi memilih pakaian adat Baduy. Apa alasannya?

Read More

Rupanya Presiden Jokowi sangat menyukai desain baju adat Baduy yang sederhana, sesuai dengan image yang telah ditempelkan pada presiden tersebut.

“Pakaian yang saya pakai adalah pakaian adat Baduy. Saya suka karena desainnya yang simpel, simpel dan nyaman dipakai,” kata Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2021 sebagaimana disiarkan secara virtual, Senin (16/8/2021).

Presiden Jokowi terlihat mengenakan telekung, baju kutung, dan tas selempang. Telekung adalah ikat kepala, kadang disebut ‘koncer’ atau ‘roma’. Ikat kepala ini merupakan produk tenun khas masyarakat suku Baduy.

Sedangkan Kutung adalah baju putih lengan panjang tanpa kerah yang biasa disebut dengan jamang sangsang. Namun, kutung yang dikenakan Jokowi kali ini adalah kemeja berwarna gelap.

Pakaian adat yang dikenakan oleh Presiden Jokowi sudah biasa dilihat oleh masyarakat Baduy Luar. Suku Baduy sendiri terbagi menjadi 2 yaitu Suku Baduy Luar dan Suku Baduy Dalam.

Perbedaan keduanya terlihat dari busana yang dikenakan. Suku Baduy Luar Biasa memakai pakaian berwarna gelap seperti hitam atau biru laut.

Sedangkan suku Baduy Dalam biasanya memakai pakaian berwarna putih. Filosofi warna putih yang digunakan oleh suku Baduy Dalam melambangkan kesucian dan budaya yang tidak terpengaruh oleh dunia luar.

Jaro Saija selaku Kepala Desa Ciboleger juga bangga dengan pakaian adat Baduy yang dikenakan oleh orang nomor 1 di Indonesia ini. Jaro Saija sendiri menyiapkan baju adat untuk Presiden Jokowi.

“Bangga, RI 1 nu ieu (pakaian khas Baduy),” kata Kepala Desa Ciboleger Jaro Saija kepada detikcom di Lebak, Senin (16/8/2021).

“Tidak apa-apa kalau jadi ajudan bukan. (beli sini ajudan ke saya). Dipanggil dulu, tapi dibawa Dieu (sini),” pungkas Saija.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250