PPKM Level 2-4 Berakhir Hari Ini, Bakal Diperpanjang Lagi?

  • Whatsapp
Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Tingkat 2-4 di seluruh Indonesia akan berakhir, Senin (20/9/2021) hari ini. Namun, pemerintah belum memutuskan apakah kebijakan yang ditujukan untuk menekan penyebaran Covid-19 itu akan diperpanjang atau tidak.
banner 300x250

Havana88- Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Tingkat 2-4 di seluruh Indonesia akan berakhir, Senin (20/9/2021) hari ini. Namun, pemerintah belum memutuskan apakah kebijakan yang ditujukan untuk menekan penyebaran Covid-19 itu akan diperpanjang atau tidak.

PPKM level 2-4 telah diperpanjang sembilan kali sejak pertama kali diterapkan untuk penanganan Covid-19. Kebijakan PPKM di Jawa-Bali diperpanjang seminggu sekali. Sedangkan PPKM luar Jawa-Bali diperpanjang setiap dua minggu sekali.

Read More

Dalam perpanjangan terakhir, ada tiga kabupaten/kota di Jawa-Bali yang masih menerapkan PPKM level 4. Ketiga wilayah tersebut adalah Kabupaten Cirebon, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Brebes.

Selain itu, pemerintah melakukan berbagai penyesuaian terhadap aktivitas masyarakat di Jawa dan Bali seiring dengan penurunan kasus Covid-19. Salah satunya, memungkinkan bioskop di area level 2 dan 3 beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen.

Namun, karyawan dan pengunjung yang masuk ke area bioskop wajib menggunakan aplikasi Peduli Protect dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan tidak semua orang bisa masuk ke area bioskop.

“Hanya kategori Hijau yang bisa masuk ke area bioskop,” kata Luhut saat konferensi pers, Senin 13 September 2021.

Pemerintah juga mulai mengizinkan berbagai fasilitas umum beroperasi secara terbatas. Mulai dari, mall atau pusat perbelanjaan, tempat wisata, pasar, hingga restoran/cafe baik indoor maupun outdoor.

Kasus Covid-19 di Indonesia Menurun

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan kasus harian Covid-19 di Indonesia menurun signifikan dibandingkan Juli 2021 lalu yang mencapai 56.000. Bahkan, kata dia, kasus harian Covid-19 di Indonesia jauh di bawah negara-negara ASEAN lainnya.

“Kasus harian terus menurun dari puncaknya pada 15 Juli sebanyak 56.000 kasus menjadi 2.577 kasus pada 13 September 2021, penurunan yang sangat tajam,” kata Jokowi dalam acara virtual UOB Economic Outlook 2021, Rabu 15 September 2021.

“Persentase kasus harian 13,6 kasus harian per satu juta, jauh di bawah negara tetangga ASEAN kita,” lanjutnya.

Tingkat hunian tempat tidur (BOR) di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 juga mengalami penurunan sebesar 13,8 persen. Sedangkan BOR Wisma Atlet yang tadinya mencapai 92 persen, kini menjadi 7 persen.

Di sisi lain, angka positif Covid-19 di Indonesia per 12 September 2021 mencapai 2,64 persen. Angka ini lebih tinggi dari rata-rata dunia sebesar 8,34 persen.

“Tingkat pemulihan kita 94,03 persen, di atas rata-rata dunia 89,59 persen,” katanya.

Menurut dia, pemerintah terus berupaya menyeimbangkan penanganan Covid-19 dari segi kesehatan dan ekonomi. Untuk itu, pemerintah telah menerapkan PPKM level 1-4 agar kebijakan sejalan dengan situasi terkini Covid-19.

“Penerapan PPKM dengan kriteria level 1-4 ini dimaksudkan agar gas dan rem sesuai dengan kondisi saat ini,” kata Jokowi.

Evaluasi PPKM Setiap Minggu

Meski kasus Covid-19 sudah turun, Luhut Binsar Panjaitan menegaskan PPKM akan tetap dilaksanakan selama Covid-19 masih menjadi pandemi. Ia mengatakan pemerintah akan menurunkan tingkat PPKM di suatu daerah jika situasi Covid-19 di daerah tersebut membaik.

Jika PPKM mendekati level 2 dan level 1, maka masyarakat mendekati situasi kehidupan normal baru. Pemerintah, kata dia, akan terus mengevaluasi kebijakan PPKM setiap minggunya.

“Oleh karena itu, evaluasi akan dilakukan setiap minggu agar perubahan situasi dapat direspon dengan cepat,” kata Luhut saat konferensi pers, Senin, 16 Agustus 2021.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250