Polri soal Rencana Rekrut Mantan Pegawai KPK: Tunggu Saja

  • Whatsapp
Kabag Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, pihaknya masih meminta semua pihak menunggu terkait rekrutmen sejumlah eks pegawai KPK yang tidak lolos Tes Wawasan Nasional (TWK) sebagai lembaga ASN.
banner 300x250

Havana88- Kabag Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, pihaknya masih meminta semua pihak menunggu terkait rekrutmen sejumlah eks pegawai KPK yang tidak lolos Tes Wawasan Nasional (TWK) sebagai lembaga ASN.

Ia mengungkapkan, untuk rekrutmen eks pegawai KPK sebagai ASN Polri membutuhkan waktu.

Read More

“Tunggu saja diberitahukan, itu akan memakan waktu,” kata Argo seperti dikutip dari Antara, Minggu (3/10/2021).

Sebelumnya, 57 mantan pegawai KPK belum mendapat undangan resmi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait rencana pengangkatan mereka menjadi Pegawai Negeri Sipil (ASN) di Korps Bhayangkara.

Juru bicara mantan 57 pegawai KPK, Hotman Tambunan, mengaku selama ini hanya diskusi informal antara pihaknya dan Polri.

“Undangan resminya belum ada, paling tidak hanya teman-teman di Polri saja yang bertanya, informal sekali. Kalau resmi (undangan) ada, ada suratnya, minimal ada undangan digitalnya kan,” kata Hotman. dalam keterangannya, Jumat (1/10/2021).

Mantan Ketua Satgas Pembelajaran Antikorupsi KPK itu mengatakan, meski undangan resmi Kapolri sudah diterima 57 pegawai, mereka belum bisa memutuskan bergabung atau tidak.

Akan berkoordinasi

Mereka menyatakan akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Ombudsman RI dan Komnas HAM. Ombudsman dan Komnas HAM diketahui telah mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait polemik pemberhentian 58 pegawai KPK.

Dari 58 pegawai yang dipecat, diketahui salah satunya pensiun pada Mei 2021.

“Kalau dilihat konteks semua variabel ada rekomendasi Ombudsman, ada rekomendasi dari Komnas HAM, ada isu pemberantasan korupsi, ada isu kepegawaian, ada banyak pihak,” ujarnya.

“Dan jika sudah mengakomodir itu semua, tentunya Presiden sebagai pemegang kekuasaan tertinggi ASN memiliki kewenangan untuk menempatkannya di mana saja,” kata Hotman.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250