Polda JaBar mulai memberlakukan mekanisme Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE)

  • Whatsapp
Polda JaBar mulai memberlakukan mekanisme Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE)
banner 300x250

Havana88detik – Polda Jawa Barat mulai menerapkan mekanisme Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Penerapan mekanisme electronic ticketing ini akan memudahkan petugas dalam melakukan tindakan terhadap pelaku lalu lintas.
“Jadi sebenarnya sekarang sudah bisa dilaksanakan sehingga kalau kita lihat sudah didemonstrasikan sehingga bisa segera dilakukan,” kata Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung. Selasa (23/3/2021).

Dofiri mengatakan implementasi ETLE tahap pertama akan dilaksanakan di Bandung. Sebanyak 21 titik akan dipasang oleh kamera untuk menjalankan mekanisme tiket elektronik.

Read More

“Untuk sementara di Bandung, semoga pengembangan lebih lanjut di Cirebon dalam artian tidak terlalu lama,” ucapnya.

Dofiri mengatakan, keberadaan tiket elektronik dinilai berdampak baik di masyarakat. Sebab, kata dia, masyarakat akan sadar dan merasa diawasi agar tidak melakukan pelanggaran di jalan raya.

“Lama kelamaan masyarakat juga akan lamban mengetahuinya dan ini pasti akan berdampak baik, karena selama ini mereka harus membawa petugas langsung untuk berinteraksi dengan masyarakat, namun dengan ETLE mereka sangat sadar bahwa suatu saat mereka akan mendapatkan surat atau bisa. langsung lewat notifikasi di ponselnya kalau sudah terdaftar, “ujarnya.

“Jadi saat itu dia bisa ketahuan tidak memakai helm dan mendapat pemberitahuan bahwa saya telah melanggar dan tidak bisa menghindar karena foto dan nomor kendaraan yang bersangkutan juga terpampang di ETLE,” imbuhnya.

Dofiri menambahkan, penggunaan ETLE tidak hanya untuk pelaku lalu lintas. Lebih lanjut, kata dia, keberadaan ETLE juga dapat membantu mencegah terjadinya tindak pidana.

“Manfaatnya banyak ya, tidak hanya pelanggaran lalu lintas menurut saya, efeknya orang mau melakukan hal-hal yang tidak kita inginkan bersama-sama, melakukan tindak pidana. Lalu melakukan hal lain, bisa dideteksi lewat kamera,” ujarnya. kata.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250