Pilot Vincent Raditya Membahas Korelasi Mengenai Pesawat Tua dan Kecelakaan

  • Whatsapp
Ilustrasi pilot Vincent jelaskan kecelakaan Sriwijaya Air
banner 300x250

Havana88detik – Pilot Vincent Raditya mengatakan usia pesawat tidak bisa disalahkan atas jatuhnya pesawat Sriwijaya Air di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu (9/1). Dia mengatakan sebuah pesawat memenuhi berbagai persyaratan sebelum diizinkan terbang.

“Itu tidak ada korelasinya. Jika Minimum Equipment List (MEL) dari pabrik pembuatnya menyatakan layak untuk terbang maka tidak ada alasan mengapa pesawat tersebut tidak bisa di-grounded, jadi pesawat itu legal untuk terbang,” kata Vincent kepada CNN Indonesia TV. , Minggu (10/1).

Read More

“Jadi tidak ada hubungan antara pesawat tua atau kerusakan ringan,” ujarnya.

Vincent menyampaikan bahwa suatu pesawat dinyatakan laik terbang mengacu pada dokumen yang ada sebelum penerbangan, misalnya MEL. Dokumen tersebut berisi informasi tentang pesawat yang akan diterbangkan.

Lebih lanjut, Vincent menegaskan, seorang pilot tidak akan pernah mau menerbangkan pesawat jika kondisi pesawatnya tidak sesuai dengan standar penerbangan. Jadi, katanya penerbangan biasanya bisa dilakukan jika tidak bertentangan dengan MEL.

“Kalau ada referensi (MEL) bilang dia bisa terbang maka secara legal kita diperbolehkan terbang,” ujarnya.

Di sisi lain, Vincent berpesan agar penumpang tidak khawatir naik pesawat. Ia yakin regulator harus menjaga keselamatan penumpang. Apalagi, kata dia, pesawat yang sudah memiliki sertifikasi Air Operator Certificate (AOC) 121 dan 135.

Ia mengatakan, pesawat bersertifikat AOC 121 tersebut telah dirawat secara intensif. Ia mengatakan, pelayanan pada pesawat dengan sertifikat berbeda dengan pesawat pribadi.

“Perawatan pesawat AOC 121 dan 135 harus dijaga ketat. Jangan melihat pesawat tua yang dituding tidak aman,” kata Vincent.

Lebih dari itu, menurutnya masyarakat yang ingin terbang dengan pesawat lama atau baru tidak perlu khawatir. Dia menegaskan kembali bahwa maskapai penerbangan dan pilot ingin pesawat jatuh saat terbang.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250