Pemerintah Kuba: Vaksin Corona Telah Memasuki Tahap 3 Uji Klinis Dalam Negeri

  • Whatsapp
Ilustrasi vaksin corona
banner 300x250

Havana88detik – Pemerintah Kuba mengumumkan calon vaksin virus corona (Covid-19) buatan negara yang dikenal sebagai Soberana sudah memiliki izin penggunaan dan langsung memasuki uji coba tahap ketiga.

Selain vaksin Soberana, para ilmuwan Kuba juga mengatakan kandidat vaksin domestik lainnya, Abdala, juga akan segera memulai uji coba fase tiga.

Read More

“Tujuan utama dari uji klinis ini adalah untuk menunjukkan tingkat kemanjuran kandidat vaksin buatan kami,” kata Dagmar Garcia Rivera, seorang peneliti di Institut Vaksin Finlay yang dikelola pemerintah Kuba, Kamis.

“Setelah itu kita bisa berada dalam kondisi untuk memulai vaksinasi massal di Kuba dan beberapa negara lain di dunia,” tambahnya.

Karena sebagian besar negara berkembang berjuang untuk mengimpor vaksin virus korona, Kuba terus fokus membuat formula anti-tubuh virus korona sendiri.

Dikutip CNN, dua dari empat kandidat vaksin corona Kuba bernama Soberana, dari bahasa Spanyol yang artinya kedaulatan.

Sedangkan dua kandidat vaksin lainnya bernama Abdala – dari judul puisi yang ditulis oleh ikon revolusioner Kuba Jose Marti – dan Mambisa mengacu pada gerakan kemerdekaan Kuba.

Sejauh ini, pemerintah Kuba mengatakan lebih dari 85.000 warga akan menjadi sukarelawan dalam dua tahap terakhir pengujian kedua kandidat vaksin.

Jika hasilnya memuaskan dan disetujui, Kuba akan mulai menggunakan vaksin Soberana dan Abdala dalam skala yang lebih luas. Kedua vaksin tersebut juga akan menjadi yang pertama dikembangkan oleh negara Amerika Latin.

“Kami membutuhkan banyak vaksin untuk memvaksinasi 11 juta warga Kuba. Jika kami memperkirakan Kuba akan membutuhkan satu atau dua atau tiga dosis, kami memperkirakan Kuba akan membutuhkan 30 juta dosis,” kata Direktur Pusat Imunologi Molekuler di Havana, Dr. Tania. Crombet Ramos.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250