Para Jemaah Mulai Berdatangan Ke Kota Suci Makkah

  • Whatsapp
Jamaah haji mulai berdatangan ke kota suci Makkah, Arab Saudi pada Sabtu (17/7) untuk menunaikan ibadah haji kedua yang digelar selama pandemi virus Corona.
banner 300x250

Havana88 –  Jamaah haji mulai berdatangan ke kota suci Makkah, Arab Saudi pada Sabtu (17/7) untuk menunaikan ibadah haji kedua yang digelar selama pandemi virus Corona.

Untuk tahun ini, hanya warga yang telah divaksinasi lengkap yang diperbolehkan untuk berpartisipasi. Kerajaan Saudi berusaha mengulangi kesuksesan tahun lalu dalam tidak mencatat wabah virus selama ritual haji terbatas.

Read More

Untuk tahun ini, 60.000 warga Saudi dan ekspatriat yang tinggal di Saudi dapat berpartisipasi setelah dipilih di antara lebih dari 558.000 pelamar melalui sistem penyaringan online. Ritual keagamaan ini akan dimulai pada Minggu (18/7) waktu setempat.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (17/7/2021), di antara yang terpilih adalah Ameen, kontraktor minyak India berusia 58 tahun yang tinggal di kota Dammam, Saudi timur, yang dipilih bersama istri dan tiga anak-anak dewasa.

“Kami sangat senang,” kata Ameen, yang hanya menyebutkan nama depannya.

“Begitu banyak teman dan kerabat kami yang ditolak,” katanya kepada AFP.

Sebelumnya, pada tahun 2019, sekitar 2,5 juta umat Islam dari seluruh dunia mengikuti ibadah haji tahunan. Awal bulan ini, Kementerian Haji Saudi mengatakan sedang mengerjakan “tindakan pencegahan kesehatan tingkat tertinggi” sehubungan dengan pandemi dan munculnya varian baru.

Seperti negara-negara Teluk lainnya, Arab Saudi adalah rumah bagi populasi ekspatriat yang signifikan dari Asia Selatan, Timur Jauh, Afrika, dan Timur Tengah.
“Saya merasa seperti saya memenangkan lotre,” kata apoteker Mesir Mohammed El Eter setelah terpilih.

“Ini adalah momen spesial yang tak terlupakan dalam hidup seseorang. Saya berterima kasih kepada Tuhan karena memberi saya kesempatan ini, untuk diterima di antara banyak orang yang melamar,” kata pria berusia 31 tahun itu kepada AFP.

Pada Sabtu (17/7), jemaah haji akan mulai mengelilingi Ka’bah sebelum resmi memulai haji pada Minggu (18/7).

Dipilih dari lebih dari 558.000 pelamar melalui sistem penyaringan online, acara ini terbatas pada mereka yang telah divaksinasi lengkap dan berusia 18-65 tanpa penyakit kronis.

Wakil Menteri Kementerian Haji Mohammad al-Bijawi mengatakan jemaah haji akan dibagi menjadi beberapa kelompok yang hanya terdiri dari 20 orang “untuk membatasi kemungkinan paparan hanya pada 20 orang itu, membatasi penyebaran infeksi.”

Arab Saudi sejauh ini telah mencatat lebih dari 507.000 kasus COVID-19, termasuk lebih dari 8.000 kematian. Sejauh ini, lebih dari 20 juta dosis vaksin telah diberikan di negara berpenduduk lebih dari 34 juta orang itu.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250