Pandemi di DKI Melandai,Tapi Belum Benar Benar Berkurang

  • Whatsapp
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kurva pandemi COVID-19 di Jakarta memang miring. Namun, kata dia, kasus Corona tidak terlalu menurun.
banner 300x250

Havana88 –   Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kurva pandemi COVID-19 di Jakarta memang miring. Namun, kata dia, kasus Corona tidak terlalu menurun.

“Perhitungan terakhir dari tim FKM UI menunjukkan nilai Rt Jakarta tepat di angka 1,0. Artinya pandemi sudah melambat, tapi belum benar-benar menurun,” kata Anies dalam siaran melalui kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta. , Sabtu (14/8/2021).

Read More

Ia menjelaskan tentang Rt atau angka reproduksi efektif yang menjadi indikator sejauh mana penularan virus Corona. Semakin tinggi angka Rt diatas 1, berarti penyebaran virus semakin cepat dan luas.

Jika Rt tepat di angka 1, berarti penularan virus Corona bersifat landai dan konstan. Jika Rt di bawah 1 berarti pandemi terkendali.

“Makanya kita harus ekstra usaha. Masih ada risiko berbalik atau naik lagi,” kata Anies.

Pada waktu-waktu sebelumnya, Rt Jakarta juga sempat turun namun bangkit kembali. Sekarang, Rt Jakarta turun lagi. Hal ini harus dijaga agar Rt bisa mencapai di bawah angka 1. Caranya dengan mengontrol aktivitas warga.

“Jika mobilitas penduduk Jakarta tiba-tiba kembali tinggi, maka tingkat reproduksi akan meningkat lagi. Ini harus kita pertahankan. Momentum penurunan nilai Rt harus terus berlanjut,” kata Anies.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250