Netizen ini ungkap bisa bikin es batu dalam waktu 1 menit saja

  • Whatsapp
Netizen ini ungkap bisa bikin es batu dalam waktu 1 menit saja
banner 300x250

Havana88detik – Membuat es batu di dalam lemari es freezer biasanya membutuhkan waktu yang lama, namun para netizen tersebut mengatakan bahwa mereka dapat membuat es batu hanya dalam 1 menit. Inilah triknya.
Ada banyak tips memasak dan trik praktis seputar aktivitas dapur yang dibagikan di TikTok. Semuanya bertujuan untuk memudahkan pekerjaan memasak di dapur agar menghemat waktu mengerjakannya.

Seperti trik es batu ini. Tak perlu menunggu lama air membeku, netizen ini membeberkan cara praktis membuat es batu.

Read More

Dikutip dari Daily Mail (9/3), netizen yang membagikan trik tersebut bernama Scott. Lewat akun TikTok miliknya, shtattooist, seniman tato ini menunjukkan betapa cepatnya membuat es batu di lemari es freezer.

Pertama, dia mengisi wadah es batu dengan air panas yang mengalir dari keran rumahnya. “Saya yakin Anda tidak tahu Anda bisa memasukkan air panas ke dalam wadah es batu dan memasukkannya langsung ke dalam freezer. Biarkan di sana selama satu menit,” katanya.

Scott mengklaim bahwa dalam satu menit, air panas yang dimasukkan tadi akan langsung membeku menjadi es. Scott pun menunjukkan video tersebut sebagai bukti.

Sepertinya dia sudah mendapatkan es batu dalam waktu singkat. Meski terlihat mustahil, ternyata trik es batu super cepat ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

Sebuah tim peneliti sebelumnya menemukan bahwa air panas dapat membeku lebih cepat daripada air dingin dalam kondisi tertentu. Nama fenomena ini adalah ‘efek Mpemba’.

Efek ini pertama kali muncul pada 1960-an setelah siswa sekolah dari Tanzania, Erasto Mpemba, mengklaim di kelas sainsnya bahwa es krim akan lebih cepat membeku jika dipanaskan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam freezer.

Teori yang dikemukakan Mpemba ternyata terbukti benar setelah pengawas sekolah mencoba percobaan di rumah dan berhasil. Namun terlepas dari keberhasilan efek ini, tidak ada bukti yang jelas untuk menjawab alasan di baliknya.

Setelah Scott membagikan video trik ice cube singkat ini, banyak netizen yang memberikan komentar. Video tersebut juga telah ditonton lebih dari 570 ribu kali.

Namun sayangnya kebanyakan netizen tidak memuji trik yang dia bagikan melainkan fokus pada cara Scott mengisi air ke dalam wadah es batu. Karena Scott membiarkan banyak air terbuang begitu saja dari wadahnya.

Netizen menganggap ini sia-sia. Mereka sibuk memberi nasehat bagaimana cara mengisi wadah es batu tanpa membuang banyak air.

“Trik baru. Tuang air hanya di dua boks pertama lalu miringkan wadahnya. Air akan menyebar merata tanpa cipratan,” ujar salah satu warganet.

Lalu ada yang memperingatkan bahwa air panas tidak hanya dimasukkan ke dalam freezer karena akan mempengaruhi suhu freezer secara keseluruhan.

“Setahu saya, tidak baik menaruh makanan atau air panas di lemari es,” komentar seorang netizen.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250