Mirip dengan Posyandu, Begini Mekanisme Vaksinasi COVID-19 di Indonesia

  • Whatsapp
Mirip dengan Posyandu, Begini Mekanisme Vaksinasi COVID-19 di Indonesia
banner 300x250

Havana88detikVaksin COVID-19 telah hadir di Indonesia khususnya adalah vaksin yang berasal dari Sinovac, China. Saat ini Indonesia telah memulai vaksinasi yang diawali oleh Presiden Joko Widodo sebagai role model. Vaksin COVID-19 telah hadir di Indonesia khususnya adalah vaksin yang berasal dari Sinovac, China. Saat ini Indonesia telah memulai vaksinasi yang diawali oleh Presiden Joko Widodo sebagai role model.

Vaksin sendiri dilaksanakan mulai Januari 2021 ini Indonesia terus mendatangkan vaksin baik yang sudah jadi maupun curah yang akan diolah oleh Biofarma.

Read More

Vaksinasi terus menerus berjalan, mulai dari tenaga kesehatan hingga masyarakat umum. Namun, apakah Anda sudah tahu bagaimana alur dari pelayanan vaksinasi COVID-19 itu seperti apa?

Vaksinasi sendiri diketahui bisa dilakukan di beberapa fasilitas kesesatan baik fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti puskesmas hingga fasilitas kesehatan yang tinggi seperti Rumah Sakit.

Mekanisme dan juga fasilitas kesehatan yang boleh melakukan vaksinasi sendiri telah diatur oleh pemerintah di Keputusan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor Kemenkes, nomor HK.02.02/4/1/2021 yaitu tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksin dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19.

Diketahui, mekanisme vaksinasi di fasilitas kesehatan mirip dengan pelaksanaan pos pelayanan terpadu atau (Posyandu sebagai salah satu aktivitas untuk memantau tumbuh kembang bayi hingga balita.

Alur dan Mekanisme Vaksinasi

Pertama, kelompok masyarakat yang akan divaksin akan mendapatkan informasi mengenai keikutsertaannya dalam program ini melalui SMS atau bisa dicek secara online.

Setelah itu, peserta dapat melakukan registrasi ulang serta datang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Nantinya akan terdiri dari beberapa meja yang memiliki fungsi berbeda-beda dan disusun rapi layaknya meja pada Posyandu.

Pada meja yang pertama, peserta dapat melakukan registrasi terlebih dahulu bersama dengan para petugas.

Pada Meja Kedua, Anda akan melaksanakan screening untuk memastikan bahwa Anda merupakan peserta yang layak mendapatkan vaksin COVID-19.

Kemudian, pada meja yang ketiga, para peserta akan diberikan vaksin dengan suntikan. Sedangkan pada meja yang keempat, petugas akan mencatat hasil vaksinasi yang telah dilakukan sebelumnya.

Untuk saat ini, vaksin COVID-19 dari Sinovac dikhususkan untuk para tenaga kesehatan yang bekerja di garda terdepan. Bagi Anda masyarakat umum sebaiknya menunggu dengan sabar.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250