Menkes Harap Masyarakat Bisa Disuntik Vaksin Corona Ketiga Di Awal Tahun 2022

  • Whatsapp
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan rencana penyuntikan vaksin Corona ketiga kepada masyarakat.
banner 300x250

Havana88 –    Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan rencana penyuntikan vaksin Corona ketiga kepada masyarakat. Menkes berharap penyuntikan vaksin Corona ketiga bisa dilakukan pada awal 2022 jika seluruh masyarakat Indonesia sudah menerima vaksin tersebut.

Semula terkait vaksin ketiga ini, Wakil Ketua Komisi IX Charles Honoris diperiksa dalam sidang di gedung DPR. Charles mempertanyakan rencana pemerintah untuk menyuntikkan vaksin ketiga ke masyarakat.

Read More

“Apakah pemerintah punya rencana suntikan ketiga untuk masyarakat? Tidak sekarang, tentu saja, saat ini 28 persen masyarakat Indonesia divaksinasi, jauh dari ideal, tapi bagaimana dengan perencanaannya?” kata Charles, Rabu (25/8/2021).

Charles beralasan pembuat vaksin, seperti Sinovac, sudah mengakui produknya harus digenjot setelah 6 bulan. Karena itu, Charles mempertanyakan apakah ada rencana pemerintah untuk melakukan vaksin Corona ketiga kepada publik.

“Sinovac sendiri sudah mengakui bahwa vaksin perlu digenjot setelah 6 bulan, artinya masyarakat kita terutama para lansia yang divaksinasi pada Februari-Maret dalam waktu dekat akan rentan karena kekebalannya menurun dan vaksinnya sudah lebih banyak. dari 6 bulan, apakah ada rencana?” Dia bertanya.

Pertanyaan itu kemudian dijawab oleh Menteri Kesehatan Budi. Dikatakannya, dari sisi manfaat klinis, masyarakat perlu diberikan vaksin ketiga.

“Kemudian rencana injeksi ketiga, memang injeksi ketiga secara klinis protektif dan bagus, masalahnya kenapa WHO tidak merekomendasikan? Karena bukan masalah klinis, tapi karena masalah etika,” kata Budi.

Budi mengatakan, sejauh ini baru 58 juta orang Indonesia yang menyentuh vaksin pertama. Sementara itu, kata dia, baru 30 juta warga Indonesia yang menerima vaksin kedua.

“Karena bukan masalah klinis, tapi karena masalah etika, karena selama ini hanya 58 juta orang Indonesia yang beruntung mendapatkan akses suntikan pertama, mungkin sekitar 30 juta yang bisa mendapatkan suntikan kedua, dengan jumlah vaksin yang terbatas. , jadi lebih cocok untuk kita. Beri kesempatan kepada teman-teman kita yang bahkan belum sempat mendapatkan suntikan pertama,” ujarnya.

Namun, Budi berharap suntikan ketiga bisa dilakukan pada awal 2022. Dengan syarat, menurut dia, seluruh warga Indonesia sudah divaksinasi hingga awal tahun depan.

“Kalau lebih cepat, kita berharap Januari semua bisa selesai, awal tahun depan (2022) sudah bisa injeksi ketiga. Diskusi juga sudah dilakukan dengan Presiden, sudah diputuskan ke depan. negara akan membayar PBI, ya yang lain karena biayanya tidak terlalu mahal akan dimasukkan dalam skema umum, Anda dapat membelinya langsung dari diri Anda sendiri atau mekanisme BPJS, “katanya.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250