Mantan Karyawan WhatsApp Menciptakan Platform Media Sosial Baru Bernama HalloApp

  • Whatsapp
 Dua mantan karyawan WhatsApp membuat platform media sosial baru bernama HalloApp. Aplikasi ini mengutamakan privasi pengguna dan tidak menampilkan iklan.
banner 300x250

Havana88 –   Dua mantan karyawan WhatsApp membuat platform media sosial baru bernama HalloApp. Aplikasi ini mengutamakan privasi pengguna dan tidak menampilkan iklan.

HalloApp dibuat oleh Neeraj Arora dan Michael Donohue. Keduanya bekerja di WhatsApp sebelum dan sesudah dibeli oleh Facebook seharga $22 miliar.

Arora adalah Chief Business Officer WhatsApp hingga 2018 dan merupakan tokoh kunci dalam negosiasi dengan Facebook. Sementara itu, Donohue menjabat sebagai WhatsApp Engineering Director selama sembilan tahun sebelum mengundurkan diri pada 2019.

HalloApp dirancang sebagai media sosial dan layanan obrolan untuk keluarga dan teman dekat, seperti Path yang sekarang sudah tidak berfungsi. Sekilas HalloApp memiliki banyak kesamaan dengan WhatsApp, terutama untuk fitur chat individu dan grup.

Saat mendaftar pengguna harus memberikan nomor telepon mereka, dan pengguna hanya dapat menghubungi orang yang sudah ada di kontak mereka. Percakapan dalam aplikasi ini juga dilindungi oleh enkripsi ujung ke ujung dan semua halaman bebas iklan.

HalloApp mengatakan mereka tidak menyimpan data tambahan dari kontak pengguna. Mereka juga mengklaim tidak mengumpulkan, menyimpan, atau menggunakan informasi pribadi apa pun.

Halaman beranda aplikasi HalloApp terbagi menjadi empat tab, yaitu feed utama yang menampilkan konten dari keluarga dan teman, obrolan grup, obrolan individu, dan pengaturan. Aplikasi ini tidak menggunakan algoritme untuk mengatur konten atau obrolan grup.

Dalam posting blognya, Arora menjelaskan filosofi HalloApp yang ia sebut sebagai penangkal media sosial tradisional yang mengutamakan keterlibatan.

“Bayangkan jika teman online Anda adalah teman Anda di dunia nyata. Bayangkan feed Anda tidak dipenuhi orang dan postingan yang tidak Anda pedulikan,” tulis Arora, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (22/7/2021).

“Bayangkan menjelajahi momen-momen bermakna dan melihat apa yang ingin Anda lihat — bukan apa yang diinginkan algoritme untuk Anda lihat. Bayangkan tidak diperlakukan sebagai produk.”

Meskipun tidak menampilkan iklan, HalloApp sudah memiliki rencana untuk mendapatkan uang dari platformnya. Ke depannya, HalloApp akan meluncurkan fitur tambahan yang dapat diakses pengguna dengan membayar biaya berlangganan.

Saat ini HalloApp tersedia di Google Play Store dan Apple App Store dan dapat diunduh secara gratis.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250