Maju Mundur Status Kepegawaian Terduga Pelaku Bully di KPI

  • Whatsapp
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) kini menyatakan telah membebastugaskan terduga pelaku pelecehan seksual terhadap salah satu pegawai di KPI.
banner 300x250

Havana88 –  Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) kini menyatakan telah membebastugaskan terduga pelaku pelecehan seksual terhadap salah satu pegawai di KPI. Pembebastugasan itu berlaku terhadap terduga pelaku agar fokus menjalani proses hukum.

Awalnya Komisioner KPI, Nuning Rodiyah, mengatakan status kepegawaian para terduga pelaku pelecehan itu belum diberi tindakan apapun. Terduga pelaku itu disebut masih berstatus aktif bertugas, tetapi KPI berencana menonaktifkan sementara terduga pelaku pelecehan seksual itu agar fokus menghadapi laporan kepolisian.

Read More

“Statusnya mereka adalah pegawai KPI non-PNS. Kalau aktif atau tidak, mereka masih aktif, karena apa, karena kita belum bisa melakukan tindakan apa pun sebelum kita mendapatkan informasi yang lebih lengkap,” kata Komisioner KPI, Nuning Rodiyah, di gedung KPI, Jalan Juanda, Jakarta Pusat, Kamis (2/9/2021).

KPI Sebut Korban dan Terduga Pelaku Dibebastugaskan

Lebih lanjut, perihal status kepegawaian terhadap terduga pelaku bully dan pelecehan seksual ini, Wakil Ketua KPI, Mulyo Hadi Purnomo menyatakan kedua pihak baik terduga pelaku maupun korban dibebastugaskan dari tugasnya untuk fokus menjalani investigasi.

“Iya betul sedang dilakukan investigasi. Pihak kepolisian juga telah mulai merespons,” Wakil Ketua KPI, Mulyo Hadi Purnomo kepada wartawan, Kamis (2/9/2021) malam.

Dibebastugaskannya korban dan terduga pelaku diberlakukan sejak kemarin. Langkah itu diambil untuk mempermudah proses yang dijalani korban dan terduga pelaku pelecehan.

“Sejak hari ini (kemarin, red) korban dan terduga diberikan pembebasan tugas agar bisa menjalani proses di dalam dan di luar,” ujar Mulyo.

Jika terduga pelaku pelecehan terbukti bersalah, maka sanksi sudah siap diberikan. Mulyo tak bicara lebih jauh soal sanksi yang akan diberikan.

Irsal menegaskan korban saat ini masih menjadi pegawai aktif di KPI. Pihaknya memberi waktu kepada korban sebagai bentuk perlindungan dari KPI.

“Iya iya, tetap merupakan pegawai dari KPI dan sekarang karena ini kasus ini membutuhkan keterangan dari dia, maka dia kita juga minta fokus terhadap ke situ dulu, itu jadi sebagian perlindungan kita kepada terduga korban juga,” kata Irsal.

Komisioner KPI Bidang Kelembagaan ini mengatakan pembebastugasan ini hanya berlaku untuk 7 terduga pelaku. Hal itu dilakukan untuk memudahkan proses hukum yang tengah berjalan di kepolisian.

“KPI dalam hal ini sebagai upaya kita untuk memudahkan proses penyelidikan sudah membebastugaskan terduga pelaku dari segala kegiatan yang ada di lingkup kerja Komisi Penyiaran Indonesia Ini dilakukan untuk memudahkan proses penyelidikan karena ini kan sudah berjalan di jalur hukum,” tuturnya.

“Yang kita bebastugaskan itu jumlahnya sekitar 7 orang. Bahwa yang kemudian dilaporkan ke polisi 5 orang silakan konfirmasi ke sana,” imbuhnya.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250