Kuasa Hukum KontraS: Demokrasi Kita Hancur Dengan Adanya Laporan Pidana Luhut Binsar Pandjaitan

  • Whatsapp
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melaporkan Direktur Lokataru Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulida atas tuduhan pencemaran nama baik terkait video Luhut dan bisnis pertambangan di Papua.
banner 300x250

Havana88- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melaporkan Direktur Lokataru Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulida atas tuduhan pencemaran nama baik terkait video Luhut dan bisnis pertambangan di Papua.

Menanggapi hal tersebut, Kuasa Hukum Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti, Julius Hebrew, menyatakan bahwa kritik dan kajian yang disampaikan Fatia dan Haris harus ditanggapi dengan kajian dan diskusi, bukan panggilan pengadilan.

Read More

“Tujuannya bukan untuk mengoreksi kajian tetapi diarahkan untuk mengkriminalisasi Haris Azhar dan Fatia juga, oleh karena itu yang langsung diangkat dalam surat panggilannya adalah ancaman hukuman, jadi ini arah yang jelas, tidak ada pembahasan substansi di semua,” kata Julius melalui video KontraS yang terlihat pada Kamis (23/9/2021).

Julius mengatakan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pejabat publik belum siap membuka ruang diskusi. Ini menunjukkan hancurnya demokrasi di Indonesia.

“Bahwa dia pejabat publik harus siap membuka ruang diskusi publik, ternyata tidak ada, jadi menurut kami ini sudah melampaui ruang demokrasi, demokrasi kita hancur dengan pemberitaan kriminal ini, ruang diskusi publik ini. dihancurkan, peran masyarakat sipil juga jelas tertindas seperti ini,” katanya.

Minta Kapolri dan Menko Polhukam Perhatikan

Laporan Luhut, lanjut Julius, seharusnya tidak hanya menjadi perhatian Kapolri, tetapi juga Menko Polhukam kepada Komnas HAM terkait penindasan hak-hak masyarakat sipil.

“Bagaimana peran Komnas HAM dan Menko Polhukam terhadap masyarakat sipil yang nasibnya semakin terhimpit dengan pola-pola yang menyerang baik secara perdata, tuntutan hukum atau kriminalisasi dalam konteks pidana, sekarang ini tidak bisa dibiarkan begitu saja,” dia berkata.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250