KSPI Berencana Menghidupkan Kembali Partai Buruh

  • Whatsapp
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal membuka wacana untuk menghidupkan kembali Partai Buruh dan akan berusaha untuk berpartisipasi dalam Pemilihan Umum 2024.
banner 300x250

Havana88- Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal membuka wacana untuk menghidupkan kembali Partai Buruh dan akan berusaha untuk berpartisipasi dalam Pemilihan Umum 2024.

“Partai Buruh yang akan dideklarasikan kembali dan akan menggelar Kongres pada 4-5 Oktober 2021 di Jakarta, merupakan kelanjutan dari partai buruh yang ada,” kata Said dalam konferensi pers, Minggu (3/10/2021). ).

Read More

Menurutnya, kongres akan segera digelar untuk mengatur pembentukan seluruh kepengurusan Partai Buruh.

“Kongres akan memutuskan banyak hal mendasar yang berbeda dari partai buruh yang ada. Pada prinsipnya, Kongres akan mengesahkan badan pendiri Partai Buruh yang baru atau pemilik partai buruh yang baru, merevitalisasi partai buruh yang ada,” kata Said .

Ia mengungkapkan akan ada 11 organisasi pendiri yang akan mendeklarasikan Partai Buruh. Selain kepengurusan lama, sejumlah organisasi buruh juga akan mendeklarasikan.

“Ada 11 pendiri yang akan mendeklarasikan 4 Oktober 2021 dan disahkan di akhir keputusan Kongres pada 5 Oktober 2021,” kata Said.

Ia mengungkapkan, kebangkitan Partai Buruh baru diprakarsai oleh 4 serikat pekerja terbesar, yakni KSPSI Andi Gane, KSPI, KSBSI, dan KPBI, ​​serta 50 serikat pekerja tingkat nasional. Kehadiran Partai Buruh di Indonesia dianggap penting sebagai negara industri.

“Di mana ada negara industri, di situ ada Partai Buruh. Indonesia sudah masuk negara industri,” kata Said.

Alasan untuk Bangkit

Said juga mengungkapkan, faktor utama kebangkitan Partai Buruh adalah kekalahan telak akibat hadirnya Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja. Kita butuh partai yang bisa menampung aspirasi buruh dan kelompok buruh di Indonesia, yang juga basis konstituennya.

“Kekalahan telak buruh, petani, nelayan, guru, aktivis lingkungan, aktivis HAM dengan disahkannya Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja menjadi salah satu faktor utama kebangkitan partai buruh,” ujarnya.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250