Korban Tewas Banjir Bandang Di Turki Bertambah Jadi 40 Orang

  • Whatsapp
Korban tewas akibat banjir bandang dan tanah longsor yang melanda Turki utara telah meningkat menjadi 40 orang.
banner 300x250

Havana88 –   Korban tewas akibat banjir bandang dan tanah longsor yang melanda Turki utara telah meningkat menjadi 40 orang.

Seperti dilansir Associated Press, Sabtu (14/8/2021), hujan deras yang mengguyur provinsi Bartin, Kastamonu dan Sinop yang terletak di dekat Laut Hitam sejak Rabu (11/8) waktu setempat memicu banjir bandang yang menghancurkan. rumah-rumah penduduk dan memutus setidaknya lima jembatan lokal.

Read More

Banjir juga menghanyutkan mobil dan menggenangi jalan-jalan lokal, sehingga tidak bisa dilalui.

Badan manajemen bencana Turki, AFAD, melaporkan bahwa setidaknya 34 orang tewas dalam banjir di wilayah Kastamonu dan enam lainnya tewas di Sinop.

Sembilan orang lainnya masih dirawat di rumah sakit di wilayah Sinop dan satu orang lainnya dilaporkan hilang di provinsi Bartin. Namun, sejumlah warga setempat mengatakan melalui media sosial bahwa ratusan orang masih hilang. Hal senada disampaikan anggota parlemen oposisi Turki.

Sekitar 2.250 orang dievakuasi di berbagai bagian Turki, dengan beberapa orang diselamatkan dari atap rumah dengan helikopter. Sebagian besar pengungsi sekarang ditempatkan di asrama mahasiswa setempat.

Pakar iklim dengan tegas menyatakan bahwa perubahan iklim telah memicu peristiwa cuaca ekstrem saat dunia memanas akibat pembakaran batu bara, minyak, dan gas alam. Bencana alam diperkirakan akan lebih sering terjadi saat Bumi menghangat.

Tetapi para ahli Turki menunjukkan bahwa gangguan sungai dan proyek konstruksi yang tidak tepat juga berkontribusi pada kerusakan banjir yang parah di negara itu.

Ahli geologi mengatakan proyek konstruksi semakin mempersempit dasar sungai dan sekitarnya di aliran Ezine di distrik Bozkurt di Kastamonu, yang merupakan lokasi kerusakan banjir terburuk. Bangunan tempat tinggal juga dibangun di sepanjang bantaran sungai.

Saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut, aliran sungai yang menyempit memiliki ruang gerak dan aliran yang terbatas. Rekaman video yang diposting oleh penduduk setempat menunjukkan sungai mengalir sangat cepat di Bozkurt dengan bangunan dan jalan di sekitarnya yang tergenang air.

Seorang ahli geologi lokal, Ramazan Demirtas, mengatakan manusia harus disalahkan atas bencana yang melanda Turki minggu ini.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250