Ketua Satgas Covid-19: Vaksin dan Masker Layaknya Payung Saat Hujan

  • Whatsapp
Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Letjen Ganip Warsito meminta masyarakat tetap menggunakan masker meski sudah divaksinasi Covid-19. Menurutnya, vaksin dan masker seperti payung saat hujan.
banner 300x250

Havana88- Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Letjen Ganip Warsito meminta masyarakat tetap menggunakan masker meski sudah divaksinasi Covid-19. Menurutnya, vaksin dan masker seperti payung saat hujan.

“Jadi meski sudah divaksin, tetap harus pakai masker,” kata Ganip saat meninjau vaksinasi di Balai Aspirasi DR Ahmad Basarah, Karang Ploso, Kabupaten Malang, Minggu (12/9/2021).

Read More

Turut hadir dalam peninjauan vaksinasi tersebut Bupati Malang M Sanusi, Wakil Ketua DPR RI Ahmad Basarah, dan Ahli Lingkungan BNPB.

Ganip mengatakan, dalam penanganan Covid-19 di Tanah Air, perlu dilakukan perubahan perilaku secara disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Ini termasuk memakai masker bahkan setelah divaksinasi.

“Sebagai analogi, fungsi payung saat musim hujan adalah payung tidak bisa menahan hujan, tapi bisa melindunginya dari hujan,” kata Ganip.

Menurutnya, masker dan vaksin tidak dapat menghentikan Covid-19, tetapi dapat melindungi dari penularan Covid-19. Sedangkan kegunaan vaksin lainnya adalah untuk meminimalisir gejala saat terpapar Covid-19.

“Penggunaan masker bisa melindungi kita dari paparan Covid-19, vaksinasi juga mampu mencegah perburukan jika terpapar,” kata Ganip.

Prestasi vaksinasi

Berdasarkan data vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga Sabtu 11 September 2021, capaian vaksinasi di Kabupaten Malang adalah 23,26 persen untuk dosis pertama dan 11,11 persen untuk dosis kedua.

Sedangkan untuk Provinsi Jawa Timur, dosis pertama mencapai 36,31 dan dosis kedua 19,85 persen. Hal ini menempatkan Jawa Timur pada posisi ke-7 dalam pencapaian vaksinasi skala nasional.

Dalam peninjauan tersebut, Ganip juga memberikan bantuan berupa 10.000 masker. Sebelumnya dalam rangkaian Gerakan Mobil Topeng, 500 ribu masker dibagikan kepada seluruh lapisan masyarakat di wilayah Malang Raya.

Kegiatan vaksin ini merupakan bentuk nyata memerangi pandemi Covid-19. Diharapkan momentum positif ini dapat dipertahankan dan digunakan sebagai transisi dari pandemi ke epidemi.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250