Kasus Baru Wabah Corona B117, Hasil Swab 2 Kontak Positif Corona di Brebes

  • Whatsapp
ilustrasi
banner 300x250

Havana88detik – Dua dari tujuh orang yang pernah kontak dekat kasus mutasi virus SARS-CoV-2 varian B117 di Brebes, Jawa Tengah, dinyatakan positif virus corona berdasarkan hasil pemeriksaan deteksi Covid-19 melalui Polymerase Chain Reaction. (PCR).

Namun Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Sartono menegaskan, infeksi tersebut bukan varian B117. Ia mengatakan, dua kontak dekat warga berinisial A tersebut saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumah karena terjangkit Covid-19 tanpa gejala alias OTG.

Read More

“Itu positif Covid-19 ya, bukan B117. Dan logikanya penularannya bukan dari Bu A karena sudah dua kali negatif,” kata Sartono saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (8/3).

Sartono menjelaskan, A merupakan Tenaga Kerja Indonesia (PMI) asal Arab Saudi yang mendarat di Indonesia pada 31 Januari 2021. A kemudian dinyatakan terpapar virus corona dan menjalani isolasi mandiri di Rumah Atlet Pademangan selama 12 hari.

A kemudian diketahui terjangkit mutasi virus SARS-CoV-2 varian B117 pada Senin (1/3) malam kemarin, namun Balitbangkes Kementerian Kesehatan baru memberi kabar kepada Sartono sehari setelahnya. Alhasil, Sartono dan Satgas Covid-19 setempat melakukan pemeriksaan ulang dan melanjutkan close contact tracing Kamis (4/3) lalu.

“Hasilnya Bu A udah negatif. Yang dua adalah keluarganya, satu laki-laki dan satu perempuan,” kata Sartono lagi.

Dengan temuan tersebut, Sartono pun mengatakan, sejauh ini sebanyak 33 orang telah diperiksa sebagai kontak dekat kasus A. ini.

“Seharusnya kontak sedekat itu di Wisma Atlet Pademangan dan di pesawat saat dia masih positif Covid-19. Saat ini dia sudah sembuh dan seharusnya tidak tertular,” pungkas Sartono.

Mutasi SARS-CoV-2 varian B117 pertama kali diumumkan telah menginfeksi dua PMI asal Arab Saudi pada (2/3). Temuan tersebut diperoleh dari hasil pemeriksaan 462 sampel dengan menggunakan metode Whole Genome Sequence (WGS).

Infografis fakta mutasi Covid-19 B117 Inggris masuk RI.

Secara kronologis kasus pertama adalah M, warga Kecamatan Lemah Abang, Karawang yang mendarat di Bandara Soetta pada 28 Januari 2021. Kemudian kasus kedua A berasal dari Kecamatan Pedes, Karawang dan mendarat pada 31 Januari 2021.

Keduanya dinyatakan positif Covid-19 melalui pemeriksaan menggunakan metode PCR. Penemuan tersebut mengharuskan mereka menjalani isolasi di Wisma Atlet Pademangan selama kurang lebih 12 hari.

Pada pertengahan Februari keduanya kembali ke Karawang. A dikabarkan hanya mengunjungi Karawang selama 30 menit dan melanjutkan perjalanannya kembali ke Brebes, Jawa Tengah.

Namun, saat ini pemerintah resmi mengumumkan empat kasus tambahan mutasi virus asal Inggris di Indonesia. Keempat kasus tersebut diketahui masing-masing berasal dari Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Dengan demikian, saat ini terdapat total 6 temuan kasus B117 di Indonesia.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250