Jejak Rumor Kesehatan Kim Jong-Un,Perban di Kepala hingga Turun Berat Badan

  • Whatsapp
Korea Utara dikabarkan sedang mencari pengganti pemimpinnya, Kim Jong Un. Kabar ini mengemuka di tengah rumor kesehatan Kim Jong-Un yang memburuk.
banner 300x250

Havana88 –  Korea Utara dikabarkan sedang mencari pengganti pemimpinnya, Kim Jong Un. Kabar ini mengemuka di tengah rumor kesehatan Kim Jong-Un yang memburuk. Bagaimana jejak rumor kesehatan pemimpin tertinggi Korea Utara itu?

Dilansir dari The Sun, Minggu (29/8/2021), pejabat senior Partai Buruh, Jo Yong Won yang baru saja mendapat peran wakil pimpinan baru, disebut-sebut didapuk mencari pengganti Kim Jong Un.

Read More

Seorang pakar Korea Utara, Michael Madden, menyebut sosok misterius Jo Yong Won sebagai ‘kingmaker’, yang akan mempersiapkan ‘Kim’ berikutnya.

“Kita dapat mengatakan bahwa mungkin Kim Jong-un menetapkan Jo Yong-won sebagai raja – sebagai orang untuk membantu membimbing dan mengarahkan penerus turun-temurun,” kata Pengawas Kepemimpinan Korea Utara, afiliasi dari pengawas 38 Utara.

“Mereka pasti membuat keputusan itu dengan mempertimbangkan transisi,” tambah Madden.

Madden berargumen bahwa keputusan untuk mencari pengganti Kim Jong Un dibuat dengan tujuan untuk transisi potensial, dengan pandangan bahwa pemimpin itu mungkin tidak dapat diperbaiki atau mungkin mati.

Madden pun mencontohkan langkah serupa yang dilakukan ayah Kim Jong Un, Kim Jong Il, menjelang akhir hayatnya. Pada tahun 2007, Kim Jong Il menderita TIA (transient ischemic attack) atau stroke ringan.

“Masalah kesehatannya menjadi agak genting dan dia mulai mempersiapkan suksesi turun temurun. Jadi pada dasarnya mempercayakan kepada 5 atau 6 orang yang kesetiaan dan ambisinya tidak perlu dipertanyakan lagi untuk menjadi wali,” kata Madden.

Perban di Kepala
Dilansir Bloomberg dan The Star, Selasa (3/8/2021), laporan di situs web NK News dan surat kabar Chosun Ilbo, menyebutkan perban atau plester seukuran prangko ditempelkan di bagian belakang kepala Kim Jong Un. Perban terlihat dalam foto yang dirilis oleh media nasional Korea Utara saat Kim Jong-Un menghadiri acara militer Korea Utara pada 24-27 Juli.

Di foto lain saat Kim Jong-Un menghadiri sebuah acara di akhir Juli, perbannya sudah hilang. Namun, ada tanda gelap di bagian belakang kepala.

Kondisi kesehatan Kim Jong-Un merupakan salah satu rahasia yang paling dijaga ketat di Korea Utara. Namun, foto-foto yang dirilis oleh media nasional Korea Utara menunjukkan sekilas pemimpin berusia 37 tahun itu saat ia berjuang untuk menghidupkan kembali ekonomi dan memerangi kekurangan pangan.

Tubuh kurus
Pada bulan Juni, media nasional Korea Utara mengutip seorang warga Pyongyang yang mengatakan bahwa warga Korea Utara menangis ketika mereka melihat Kim Jong-Un menjadi lebih kurus ketika dia kembali ke publik setelah absen pada bulan Mei.

Kim Jong-Un terus mencukur rambutnya di bawah pelipisnya, sehingga sulit untuk menyembunyikan bekas luka atau noda di bagian belakang kepalanya. Dengan merilis foto ke dunia, Korea Utara sama saja memberikan “petunjuk” kepada badan intelijen asing tentang kesehatan pemimpinnya.

Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan, seperti dilansir Kantor Berita Yonhap, meyakini tidak ada tanda-tanda aneh terkait kesehatan Kim Jong Un.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250