Iwan Fals Ternyata Memiliki Rasa Tidak Percaya Diri Ketika Harus Merilis Lagunya

  • Whatsapp
Selama ini Iwan Fals identik dengan lirik lagu-lagunya yang lugas dan naratif. Namun, siapa sangka musisi sekalibernya ternyata punya rasa insecure saat akan merilis sebuah lagu.
banner 300x250

Havana88 –  Selama ini Iwan Fals identik dengan lirik lagu-lagunya yang lugas dan naratif. Namun, siapa sangka musisi sekalibernya ternyata punya rasa insecure saat akan merilis sebuah lagu.

Meski sering tidak percaya diri, Iwan Fals merasa harus terus berkarya. Keraguan yang sering ia hadapi saat menulis justru dijadikan senjata yang memotivasinya untuk terus maju.

Read More

“Siapa yang yakin (percaya diri) saat ini. Tapi, hidup harus terus berjalan. Saya tidak yakin apakah puisi saya bisa membawa kebaikan. Namun, pengalaman hidup ini bisa tercermin dalam puisi yang menginspirasi generasi berikutnya,” kata Iwan Fals.

Ketidakpercayaannya muncul karena Iwan Fals melihat, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, masyarakat semakin bisa mencari berbagai ilmu.

Pria kelahiran 3 September 1961 ini meragukan apakah generasi muda saat ini masih mau mendengarkan cerita yang ia selipkan dalam lagu tersebut. Namun, dari situ ia justru melihat peluang untuk belajar dan menggali.

“Mungkinkah orang-orang mendengarkan saya sekarang? Orang-orang itu pintar. Trennya sekarang adalah orang-orang tidak mau mendengar orang berbicara karena mereka pintar. Tapi saya harus terus berjalan,” katanya.

“Oleh karena itu mungkin ada kesan insecure, tapi dari situ saya akan terus mengarang lagu. Saya tidak akan berhenti belajar. Insecure justru membuat saya belajar,” imbuhnya.

Iwan Fals mengaku merasa tenang setiap kali menuangkan pikirannya ke dalam musik. Baginya, lagu adalah sarana untuk mengungkapkan kegelisahannya yang menurutnya paling tepat.

“Saya merasa musik adalah obat bagi saya. Kalau saya ambil gitar, rasanya tenang, rasanya damai,” kata Iwan Fals.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250