Inul Daratista mendukung Kegiatan Pelajaran Kebinekaan untuk Anak Indonesia Lewat Metode Storytelling di Sekolah

  • Whatsapp
Si Ratu Boring Inul Daratista adalah salah satu pengisi suara untuk Ini Budi, serial kartun 24 episode yang diproduksi oleh Paragon Pictures dan Indika Foundation. Dia berperan sebagai Ny. Nur.
banner 300x250

Havana88- Si Ratu Boring Inul Daratista adalah salah satu pengisi suara untuk Ini Budi, serial kartun 24 episode yang diproduksi oleh Paragon Pictures dan Indika Foundation. Dia berperan sebagai Ny. Nur.

Tayang di YouTube sejak April 2021, Ini Budi mengusung berbagai tema di setiap episodenya. Tak hanya menyapa dunia maya, seri ini menggelar workshop belajar dan mengajar melalui storytelling.

Read More

Inul Daratista mendukung kegiatan ini. Ibu Adam Suseno berharap rangkaian Ini Budi dan workshop yang menyertainya dapat memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Anak Indonesia dan Kebinekaan

“Harapan saya dengan hadirnya kartun Ini Budi di sekolah-sekolah. Bisa lebih mengedukasi anak-anak kita tentang kebhinekaan dan kebhinekaan di Indonesia,” ujar pelantun “Kocok-kocok” dan “Masa Lalu”.

Inul Daratista meyakini era digital seperti sekarang telah melahirkan generasi yang eksis di media sosial. Dunia pendidikan harus beradaptasi dengan menyampaikan materi ajar dengan cara yang menyenangkan, mengikuti karakter suatu generasi.

Mengajar Melalui Animasi

“Mengajar lewat animasi atau mendongeng sekarang lebih efektif dibandingkan dengan metode buku teks,” komentar bintang sinetron Mengapa Harus Inul? dalam siaran pers yang diterima Showbiz Liputan6.com, Rabu (28/6/2021).

Inul Daratista meyakini bahwa materi ajar melalui mendongeng memiliki dampak besar dan positif bagi anak-anak Indonesia. Apalagi, semangat toleransi atau menghargai perbedaan kabarnya mulai menipis.

Arti Keberagaman

“(Dengan mendongeng di sekolah) anak lebih mudah memahami makna keberagaman dan bisa langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Inul Daratista.

Menurut Research Program for International Students Assessment 2018, 41 persen siswa di Indonesia pernah mengalami bullying karena perbedaan. Serial animasi Ini Budi penting untuk diluncurkan sebagai bagian dari materi pembelajaran di sekolah.

Perundungan dan Intoleransi

“Bullying adalah bentuk intoleransi dan ketidakmampuan untuk menghargai perbedaan. Hal ini, Budi membuka perspektif baru bagi para guru, bahwa nilai-nilai toleransi dapat diajarkan kepada siswa dengan cara yang menyenangkan,” ujar Managing Director Indika Foundation, Ayu Kartika Dewi.

Produser Paragon Pictures Ellen Xie menambahkan, “Pembelajaran online menuntut metode pengajaran yang kreatif. Film kartun dan pendidikan dapat saling berkolaborasi. Anak-anak mendapatkan tontonan yang bermakna dan menyenangkan sehingga mereka lebih semangat belajar.”

banner 300x250

Related posts

banner 300x250