ICW Nilai Kinerja Penindakan KPK Sepanjang Semester I 2021 Buruk

  • Whatsapp
Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada semester I 2021 buruk.
banner 300x250

Havana88- Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada semester I 2021 buruk.

ICW melaporkan KPK hanya mampu merealisasikan 22 persen dari total target pemberantasan korupsi selama semester I 2021. Berdasarkan data ICW, target KPK menangani kasus korupsi pada semester I sebanyak 60 kasus.

Read More

Rata-rata KPK hanya menangani tiga kasus per bulan. “Ini membuat KPK masuk dalam peringkat D, atau kategori buruk,” kata peneliti ICW Lalola Ester secara virtual, Minggu (12/9/2021).

Sementara terkait kualitas penanganan kasus, menurut ICW, kasus yang ditangani KPK bersumber dari operasi penangkapan tangan (OTT), pengembangan kasus, dan penyidikan baru.

“Dari OTT hanya ada satu kasus, ada tiga kasus perkembangan kasus, dan baru sembilan kasus yang diselidiki pada 2021,” kata Lalola.

Menurut ICW, minimnya penanganan kasus korupsi oleh KPK disebabkan lembaga yang kini dipimpin Komjen Pol Firli Bahuri itu tidak memiliki kantor di luar Jakarta.

Dampak Penonaktifan 75 Pegawai KPK

Selain itu, penonaktifan pegawai melalui Tes Wawasan Nasional (TWK) juga berdampak negatif terhadap kinerja kejaksaan KPK. Pasalnya, dari 13 kasus sepanjang semester I 2021, lima di antaranya ditangani penyidik ​​yang tidak lolos TWK.

“Penonaktifan 75 pegawai KPK cukup berdampak, dari 13 kasus yang lima di antaranya ditangani penyidik ​​yang diberhentikan secara paksa, tentu ini berdampak besar terhadap kinerja penuntutan,” kata Lalola.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250