Hanya Sektor Tertentu Yang Dibolehkan Melintas Penyekatan PPKM Darurat

  • Whatsapp
Polisi menyiapkan beberapa titik isolasi selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM). Hanya sektor tertentu yang diizinkan untuk melintasi partisi. Selebihnya, akan diminta kembali.
banner 300x250

Havana88 –  Polisi menyiapkan beberapa titik isolasi selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM). Hanya sektor tertentu yang diizinkan untuk melintasi partisi. Selebihnya, akan diminta kembali.

Polda Metro Jaya sendiri telah menyiapkan 100 titik isolasi di Jakarta dan sekitarnya. Pengemudi di sektor esensial dan kritis boleh lewat, jika bukan pekerja di sektor esensial dan kritis, pengemudi akan diminta mundur. Ojek online (ojol) merupakan salah satu pengendara yang diperbolehkan melintasi pembatas jalan.

Read More

Demikian disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. Ia mengatakan, pihaknya mengizinkan ojek online melewati palang PPKM Darurat meski belum mendapatkan Surat Tanda Daftar Tenaga Kerja (STRP).

“Saya sudah sampaikan ke seluruh anggota kemarin sebenarnya, tapi saya tegaskan lagi hari ini untuk ojek online kita prioritaskan melewati titik kemacetan,” kata Sambodo Purnomo Yogo seperti dikutip Antara.

Sebelumnya, Sambodo mengatakan polisi telah memberikan kelonggaran untuk ojek online, layanan logistik, termasuk layanan pengiriman lainnya dengan armada sepeda motor agar tetap bisa lewat. Dengan begitu, mitra UMKM baik industri kecil maupun rumah tangga tetap dapat beroperasi dengan bantuan mitra ojol dan jasa logistik di tengah keterbatasan aktivitas.

“Meski mungkin belum mengurus STRP, tapi kalau dia ojek online dan benar-benar partner, kami menyambut baik lamarannya,” kata Sambodo.

Syarat agar ojol dapat melewati pos blokir PPKM Darurat adalah sedang mengantarkan makanan atau barang, atau sedang menjemput konsumen dengan menunjukkan barang bukti kepada petugas yang bertugas.

“Memang atribut ojek online itu dijual bebas, tidak bisa kita cek satu per satu karena ribuan yang menggunakan atribut itu. Apakah dia benar-benar pasangan atau hanya mengenakan jaket untuk menghindari pembatasan,” kata Sambodo.

“Karena kalau kita lakukan, tidak mungkin untuk mengecek satu per satu. Jadi, kerjasama yang baik teman-teman ojek online, kadang di titik pemblokiran antrian panjang, makanya diminta kesabaran,” kata Sambodo.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta menerbitkan STRP bagi pengemudi ojek online (ojol). STRP untuk ojol ini berupa QR code.

“DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta telah menerbitkan STRP bagi mitra pengemudi berbasis teknologi informasi melalui QR code,” kata Kepala DPMPTSP DKI Jakarta Benni Aguscandra dalam keterangan tertulis, Jumat (16/7/2021).

Benni mengatakan hal itu sesuai dengan Keputusan Gubernur Nomor 875 Tahun 2021 tentang penerapan pembatasan kegiatan masyarakat darurat COVID-19. Ojol, kata dia, merupakan kegiatan dalam moda transportasi, termasuk kegiatan yang diperbolehkan melakukan mobilitas selama masa PPKM darurat.

“Kemudian perusahaan aplikasi akan menyampaikan kepada mitra pengemudi secara elektronik mengenai sistem informasi yang berlaku pada perusahaan aplikasi tersebut,” ujarnya.

Benni menjelaskan pengemudi ojol bisa menunjukkan STRP berupa QR code kepada petugas gabungan yang melakukan pengawasan darurat PPKM.

“Petugas gabungan dapat dengan mudah mengotentikasi izin STRP dengan memindai kode QR di perangkat telekomunikasi elektronik/ponsel petugas,” jelas Benni.

Kemudian, perusahaan dapat mengajukan STRP driver ojol kolektif melalui aplikasi JakEVO. Nantinya, pihaknya akan mengirimkan STRP berupa QR code ke perusahaan untuk segera diteruskan ke ojol driver.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250