Ganda campuran Indonesia di Swiss Open 2021 rontok lebih awal dari target yang diharapkan

  • Whatsapp
Ganda campuran Indonesia di Swiss Open 2021 rontok lebih awal dari target yang diharapkan
banner 300x250

Havana88detik – Perjalanan ganda campuran Indonesia pada Swiss Open 2021 turun lebih awal dari target yang diharapkan. Salah satu yang paling mencolok adalah pasangan Hafiz Faizal / Gloria Emanuelle Widjaja.
Unggulan kedua secara mengejutkan terhenti di babak pertama. Mereka kalah dari ganda dunia Satwiksairaj Rankireddy / Ashwini Ponnappa 18-21, 10-21.

Kemudian disusul pasangan Adnan Maulana / Mychelle Crhystine Bandaso yang juga harus mengakui keunggulan lawannya, Tan Kian Meng / Lai Pei Jing. Di babak pertama, Adnan / Mychelle kalah dalam game langsung, 13-21, 12-21 dari lima besar Malaysia.

Read More

Disusul Rinov Rivaldy / Pitha Haningtyas Mentari, harapan itu tetap ada namun akhirnya harus angkat koper di babak kedua Swiss Terbuka 2021. Lagi-lagi mereka dikalahkan oleh Rankireddy / Ponnappa dengan skor 18-21, 16-21.

Asisten pelatih ganda campuran Indonesia, Nova Widianto, yang langsung mendampingi tiga pasangan di Basel, Swiss, mengakui hasil yang didapat atlet itu jauh dari ekspektasi. Dia kemudian mengungkapkan hasil evaluasi sementara penampilan atletnya.

“Rinov / Pitha sebenarnya memainkannya dengan benar tapi ketika posisinya sudah unggul atau imbang, mereka membuang banyak poin dari servisnya. Alhasil, banyak bola yang tidak boleh mati (bahkan mati sendiri),” kata Nova dalam rilis PBSI.

“Setelah itu mereka langsung blank. Pola permainannya berubah. Secara khusus, Rinov tidak bisa mengontrol ketenangan dan kecepatan kakinya. Dia sendiri yang menyadarinya tapi belum bisa mengatasinya,” jelasnya.

Adapun Hafiz / Gloria, peraih medali perak Olimpiade Beijing 2008, menyebut kekalahan mereka murni karena bermain buruk Hafiz / Gloria. “Tidak ada masalah, murni karena performanya di lapangan yang tidak berani memainkan pola seperti yang kita perintahkan,” ucapnya.

“Mereka cenderung bermain dalam pola yang memudahkan musuh untuk mencetak poin. Permainan mereka terlalu mudah untuk diantisipasi oleh lawan dan mereka tidak berani untuk berubah.”

Bagaimana dengan Adnan / Mychelle melawan lawan yang berpengalaman dan diunggulkan? Meski sebenarnya Adnan / Mychelle punya kemampuan untuk mengalahkan lawan-lawannya, mereka dinilai masih ragu akan diri di Swiss Open 2021.

“Jadi banyak yang mati sendiri saat bola mudah. Pasangan ini sepertinya belum yakin bisa mengalahkan pemain papan atas. Padahal mereka punya kemampuan,” kata Nova soal performa ganda campuran Indonesia itu.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250