DPRD DKI Jakarta Meminta Perpanjang Sewa Makam Dipangkas

  • Whatsapp
DPRD DKI meminta birokrasi perpanjangan sewa makam di Jakarta dipangkas
banner 300x250

Havana88detik – DPRD DKI Jakarta meminta izin perpanjangan sewa makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) untuk dipangkas. Sejauh ini, ahli waris perlu mendatangi beberapa kantor dinas ketika hendak memperpanjang izin sewa makam.

Soal perpanjangan (sewa kuburan) yang hanya Rp100 ribu setiap tiga tahun itu bukan berapa kita bayar retribusi tiga tahun sekali, tapi birokrasinya harus dipotong, “kata Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta. Ida Mahampang, di Gedung DPRD DKI. , Senin (1/3).

Read More

Menurut Ida, ahli waris harus mengunjungi setidaknya tiga instansi saat mengajukan perpanjangan sewa kuburan. Pertama, mereka harus pergi ke kantor pengelola pemakaman untuk mendapatkan surat.

Kemudian, setelah mendapat surat tersebut, ahli waris harus mendatangi loket Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di desa untuk mendapatkan SK Retribusi Daerah atau SKRD. Dari kelurahan tersebut, ahli waris harus pergi ke Bank DKI untuk membayar retribusi.

Setelah membayar retribusi, ahli waris masih harus kembali ke PTSP di kelurahan untuk memastikan pembayaran. Setelah itu, mereka harus kembali ke kantor pemakaman untuk menyerahkan bukti pembayaran.

“Saya berharap ada pemotongan birokrasi yang menurut saya tidak memungkinkan,” ujarnya.

Menurut Ida, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Taman Kota dan Kehutanan harus memiliki sistem yang saling terkait, sehingga data pemakaman tersedia. Jadi, nantinya warga atau ahli warisnya cukup membawa fotokopi KTP, akta kematian, dan membayar retribusi di satu tempat.

“Jadi tidak perlu lagi ke kantor pemakaman. Belum tentu buka sepanjang waktu. Bisa jadi Bank DKI juga tutup dan sebagainya. Memang birokrasinya (perlu) dipotong,” ujarnya. kata.

Kepala Dinas Pertamanan dan Kehutanan Kota Suzi Marsitawati mengaku akan segera membicarakan hal tersebut dengan DPMPTSP. Sebagai permulaan, pihaknya akan menjajal one stop service terkait hal tersebut di Bivak Rubber TPU.

“Kedepannya kami akan membuat pelayanan kepada masyarakat lebih mudah, lebih mudah. ​​Oleh karena itu kami bikin Bivouac Rubber. Itu one stop service,” kata Suzi.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250