Djoko Tjandra Dapat Remisi, Setya Novanto Gigit Jari

  • Whatsapp
Sejumlah narapidana mendapat remisi pada peringatan HUT RI ke-76 kemarin. Diantaranya adalah Djoko Tjandra, Habib Bahar dan Gayus Tambunan, namun Setya Novanto menggigit jarinya dan tidak mendapatkan remisi.
banner 300x250

Havana88 –    Sejumlah narapidana mendapat remisi pada peringatan HUT RI ke-76 kemarin. Diantaranya adalah Djoko Tjandra, Habib Bahar dan Gayus Tambunan, namun Setya Novanto menggigit jarinya dan tidak mendapatkan remisi.

Berdasarkan catatan detikcom, Jumat (20/8/2021), ada beberapa napi yang mendapat remisi, misalnya Djoko Tjandra. Djoko Tjandra mendapat remisi pengurangan hukuman selama 2 bulan, selain itu ada nama lain yang mendapat remisi, sebagai berikut.

Read More

Djoko Tjandra Dapat Remisi 2 Bulan

Terpidana korupsi Djoko Tjandra mendapat remisi saat peringatan 17 Agustus kemarin. Djoko Tjandra menerima pengurangan hukuman 2 bulan remisi.

Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Rika Aprianti juga membenarkan Djoko Tjandra mendapat remisi 2 bulan.

“Benar, Joko Candra mendapat remisi 2 bulan,” kata Rika.

Djoko Tjandra adalah narapidana yang saat ini menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba, DKI Jakarta, berdasarkan putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 12/K/PID.SUS/2009 tanggal 11 Juni , 2009. Adapun Pasal 14 ayat 1 huruf (i) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan menyebutkan bahwa narapidana berhak atas Remisi.

Sedangkan Djoko Tjandra juga telah mendapat putusan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap yaitu putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 12/K/PID.SUS/2009 tanggal 11 Juni 2009, maka yang bersangkutan adalah tunduk pada ketentuan pemberian hak remisi sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2006.

Berdasarkan Pasal 34 ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2006, disebutkan:
Bagi narapidana yang dipidana karena melakukan tindak pidana terorisme, narkotika dan psikotropika, korupsi, kejahatan terhadap keamanan negara dan kejahatan hak asasi manusia berat, dan kejahatan transnasional terorganisir lainnya, remisi diberikan jika memenuhi persyaratan sebagai berikut: a) berperilaku baik , b) menjalani 1/3 (sepertiga) dari masa hukuman.

Rika mengatakan Djoko Tjandra merupakan terpidana yang telah menjalani 1/3 (sepertiga) masa pidananya.

Berdasarkan penjelasan sebagaimana dimaksud pada angka (4), (5) dan (6), Joko Soegianto Tjandra adalah terpidana yang berhak mendapatkan remisi. Remisi pertama bagi terpidana Joko Soegianto Tjandra yang memenuhi syarat adalah remisi. Remisi Umum 2021,” ujarnya.

Diketahui, Djoko Tjandra divonis 2,5 tahun penjara dalam kasus pemalsuan surat dan 4,5 tahun penjara dalam kasus korupsi penyuapan pejabat. Hukuman 4,5 tahun penjara disunat PT Jakarta menjadi 3,5 tahun penjara, jaksa kemudian mengajukan banding atas putusan tersebut.

Selain itu, Djoko harus menjalani hukuman korupsi 2 tahun penjara dalam kasus korupsi cessie Bank Bali. Mahkamah Agung juga memerintahkan agar dana yang disimpan di escrow account atau Bank Bali sebesar Rp 546 miliar dikembalikan ke negara.

Gayus Tambunan Hingga Habib Bahar Mendapatkan Remisi
Terpidana kasus korupsi pajak, Gayus Tambunan, mendapat remisi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) atau Hari Kemerdekaan Indonesia selama setengah tahun. Gayus dinilai memiliki kepribadian yang baik selama menjalani hukuman di Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Menurut Mujiarto, remisi itu diberikan pada tahun kesebelas Gayus mendekam di penjara. Sebelumnya, Gayus juga mendapat remisi.

Mujiarto menjelaskan, remisi diberikan berdasarkan berbagai pertimbangan. Salah satunya, Gayus berperilaku baik selama hukumannya.

“Remisi (karena) kelakuannya baik, jadi kalau napi (narapidana) berperilaku baik bisa mendapatkan remisi, sama saja dengan mengikuti program-program di sini,” ujarnya.

“Jadi Gayus Tambunan baik-baik saja, dia tidak pernah bercerita tentang Gunung Sindur, ketika dia di Sukamiskin banyak cerita,” tambah Mujiarto.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250