Dengar Desakan Warga, Jokowi Minta Jembatan Sei Alalak Segera Dibuka

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar Jembatan Sei Alalak di Provinsi Kalimantan Selatan segera dibuka. Hal itu dilakukan Jokowi usai mendengar desakan warga Kalsel yang meminta agar jembatan tersebut segera dibuka.
banner 300x250

Havana88- Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar Jembatan Sei Alalak di Provinsi Kalimantan Selatan segera dibuka. Hal itu dilakukan Jokowi usai mendengar desakan warga Kalsel yang meminta agar jembatan tersebut segera dibuka.

“Benar Pak Presiden Jokowi meminta agar Jembatan Alalak segera dibuka. Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono seperti dikutip dari siaran pers, Minggu. (26/9/2021).

Read More

Jembatan Sei Alalak menghubungkan Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Barito Kuala hingga Provinsi Kalimantan Tengah. Daerah ini terkenal dengan kemacetan lalu lintasnya, terutama setelah Jalan Lingkar Utara yang rusak parah pasca banjir.

Heru mengatakan, pembukaan jembatan tersebut bisa dilakukan dengan uji coba operasional terbatas hingga peresmian. Jadi, tidak semua jenis kendaraan bisa melintasi jembatan tersebut.

“Jenis kendaraan yang diperbolehkan hanya kendaraan roda dua dan mobil penumpang,” jelas Heru.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan akhir terhadap kondisi jembatan tersebut. Dia menyatakan, jembatan Sei Alalak siap dibuka sesuai arahan Jokowi.

“Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Pemprov Kalsel dan Polda Kalsel terkait koordinasi uji coba operasional terbatas ini. Dan juga untuk melakukan pengawalan dan pengamanan,” kata Basuki.

Tidak Berhenti dan Parkir

Basuki meminta masyarakat menaati peraturan lalu lintas. Selain itu, dia juga meminta agar kendaraan roda dua dan mobil penumpang tidak parkir atau berhenti di jembatan tersebut.

“Kami khawatir karena jembatan ini baru, orang ingin berhenti untuk melihat jembatan atau berfoto. Tolong, untuk kepentingan bersama, kami tertib dan mematuhi aturan lalu lintas,” kata Basuki.

Lebih lanjut, Basuki meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan dan ketertiban di area jembatan.

Sebagai informasi, seluruh proses pembangunan Jembatan Sei Alalak telah selesai pada Jumat, 24 September 2021. Jembatan ini dibangun untuk menggantikan Jembatan Kayu Tangi 1 yang sudah berusia sekitar 30 tahun dan juga akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi perekonomian masyarakat. .

banner 300x250

Related posts

banner 300x250