Dampak PPKM, Dispar Bantul Turunkan Target PAD Pariwisata

  • Whatsapp
Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul menurunkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata dari Rp. 24 miliar menjadi Rp. 16 miliar.
banner 300x250

Havana88 –  Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul menurunkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata dari Rp. 24 miliar menjadi Rp. 16 miliar.

Hal ini dikarenakan penutupan sementara tempat wisata (obwis) selama PPKM.

Read More

“Kalau target PAD dikurangi, sudah pasti,” kata Kepala Dispar Bantul, Kwintarto Heru Prabowo.

Kwintarto mengatakan, penurunan target PAD dari sektor pariwisata tahun ini disebabkan penurunan pendapatan bulanan yang cukup signifikan. Karena itu, pihaknya langsung menurunkan target PAD tahun ini.

“Desember-Januari tidak boleh buka, jadi selama 5,5 bulan terakhir hanya menerima Rp 8 miliar. Sekarang rata-rata selama pandemi ini Rp 1,3 miliar hingga Rp 1,4 miliar per bulan,” katanya.

“Dulu lebih dari Rp 2 miliar, tapi sekarang Rp 1,3 miliar, jadi kehilangan pendapatan seperti itu. Karena itu, dari target tahun ini Rp 24 miliar diturunkan menjadi Rp 16 miliar karena asumsi kami Rp 1,3 miliar per bulan,” lanjut Kwintarto.

Bahkan, untuk penambahan PAD tahun ini, dia tidak ingin terlalu berharap. Menurut dia, jika pariwisata beroperasi kembali bulan depan, pihaknya hanya menargetkan tambahan Rp 4 miliar hingga Rp 6 miliar.

“Kalau sekarang Rp 8 miliar berarti kalau masih ada peluang buka 4 bulan lagi, tambah Rp 4 menjadi Rp 6 miliar. Jadi pada target tahun ini Rp 12 miliar atau Rp 14 miliar, dengan pertimbangan agar bulan depan pariwisata bisa beroperasi kembali,” ujarnya.

Karena itu, pihaknya berharap sektor pariwisata bisa beroperasi kembali. Selain untuk meningkatkan PAD juga menjadi sumber rezeki bagi para pelaku pariwisata. Apalagi, sebagian besar pelaku pariwisata sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

“Ada 6340 pelaku pariwisata yang terdaftar di kami. Dari jumlah itu, baru 60% yang sudah divaksinasi,” katanya.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250