BNN Jawa Barat mengungkap adanya penggunaan obat terlarang di kalangan usia pelajar

  • Whatsapp
BNN Jawa Barat mengungkap adanya penggunaan obat terlarang di kalangan usia pelajar
banner 300x250

Havana88detik – Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Barat mengungkap penggunaan obat-obatan terlarang di kalangan pelajar. Bahkan pil terlarang itu dikonsumsi oleh anak SD hingga SMA.
“Pil obat terlarang. Sekarang ini sangat rawan peredarannya untuk digunakan anak-anak usia SMP hingga SMA bahkan ada SD,” ujar Kepala BNN Jabar Brigjen Sufyan Syarif di Kantor BNN Jabar. , Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Kamis (25/3/2021).

Sufyan mengatakan, kasus tersebut didapat berdasarkan hasil pemetaan dan kajian Badan Narkotika Nasional Jawa Barat melalui program Desa Narkotika Bersih (Bersinar). Pada tahun 2020 saja, BNN Jabar akan membangun 70 desa binaan di Jabar.

Read More

“Jadi pemetaannya tentu kita tangani kasus per kasus di desa bercahaya itu. Misalnya tahun lalu 70 desa yang sebagian besar narkoba dan usia SMP sudah menggunakannya, itu dari program yang kita luncurkan di Belum lagi hasil tangkapan di luar program, itu bukti yang bisa kita ajukan untuk program ini untuk dikembangkan, ”ucapnya.

Menurut Sufyan, berdasarkan hasil pemetaan kelompok umur siswa menggunakan berbagai jenis obat keras. “Biasanya satu pil ditaruh di lidah dan berada di bawah pengawasan dokter,” ujarnya.

Kelompok pelajar usia pelajar ini sudah mengenal obat-obatan terlarang dari lingkungannya. Mereka kemudian mencoba menggunakan.

“Nama komunitas berkembang dari mulut ke mulut dan dari coba-coba,” kata Sufyan.

Dengan temuan kelompok remaja pengguna narkoba ini, BNN Jabar telah berkoordinasi dengan dinas pendidikan untuk memberikan penyuluhan dan penyuluhan kepada siswa. Bahkan di tingkat universitas telah dibentuk satgas untuk mencegah peredaran narkotika.

“Kita sudah ada program dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan sekolah. Rehabilitasi sudah berjalan, ada yang sudah rawat jalan rehabilitasi. Lalu kita juga kerja sama dengan perguruan tinggi di Jawa Barat dan mereka sudah buat satgas di kampus masing-masing, “kata Sufyan.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250