Begini Cara Komplotan Pemeras Sopir Truk Di Tol JORR Hindari Kejaran Polisi

  • Whatsapp
Kelompok pungli yang menyasar pengemudi truk di ruas tol JORR-Jagorawi sudah 10 kali melakukan aksinya. Dalam aksinya, komplotan tersebut menyewa mobil untuk menghindari kejaran polisi.
banner 300x250

Havana88 –  Kelompok pungli yang menyasar pengemudi truk di ruas tol JORR-Jagorawi sudah 10 kali melakukan aksinya. Dalam aksinya, komplotan tersebut menyewa mobil untuk menghindari kejaran polisi.

“Jadi mereka menyewa mobil untuk melakukan aksi tersebut. Jadi mobilnya tidak terdeteksi karena sedang berubah,” kata Kapolsek Cilandak Kompol M Agung Permana di Polsek Cilandak, Jalan Caringin Utara, Jakarta Selatan, Jumat (27/8/ 2021).

Inisial keempat pelaku adalah JH (29), RY (32), IR (33), dan RZ (34). Pelaku ini selalu mengincar sopir truk yang berhenti sejenak untuk beristirahat di bahu jalan.

Tiga pelaku ditangkap pada Selasa (10/8) di Tol Jagorawi. Saat itu, komplotan tersebut tertangkap basah oleh petugas patroli sambil melecehkan sopir truk.

Namun, satu tersangka lainnya berinisial RZ, sekaligus otak dari komplotan ini berhasil kabur. RZ ditangkap keesokan harinya di kawasan Ciledug.

Motif Ekonomi

Agung menambahkan, keempat pelaku yang menganggur itu melancarkan aksinya murni karena tuntutan ekonomi.

“Belum ada residivis. Ini untuk kebutuhan sehari-hari, kebutuhan ekonomi,” jelas Agung.

Sebelum melakukan aksi mereka mengitari jalan tol. Mereka mencari seorang sopir truk yang sedang beristirahat di pinggir jalan tol.

Wilayah operasional mereka adalah Tol Jakarta-Merak, Tol Jagorawi dan Tol JORR.

“Mereka komplotan, mengincar sopir truk yang sedang istirahat di pinggir jalan tol. Mereka hanya mengejar sopir truk, jadi sudah setahun beraksi,” kata Agung.

Atas perbuatannya, para pelaku kini telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Polsek Cilandak. Pelaku dijerat dengan Pasal 368 KUHP tentang pemerasan dengan ancaman 9 tahun penjara.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250