Baidu berencana melakukan penawaran perdana umum (IPO) di bursa saham Hong Kong

  • Whatsapp
Baidu berencana melakukan penawaran perdana umum (IPO) di bursa saham Hong Kong
banner 300x250

Havana88detik – Raksasa teknologi China Baidu berencana melakukan penawaran umum perdana (IPO) di bursa saham Hong Kong. Perusahaan diketahui mengumpulkan US $ 3,6 miliar atau setara dengan Rp 51 triliun (kurs Rp 14.384).
Mengutip CNBC, Jumat (12/3/2021), raksasa teknologi yang terdaftar di Nasdaq telah merilis prospektus untuk listing di Hong Kong. Baidu akan menerbitkan 95.000.000 saham biasa Kelas A dengan harga tidak lebih dari 295 dolar Hong Kong atau US $ 38,05.

Perusahaan melaporkan bahwa pendaftaran akan selesai sebelum akhir bulan. Pendapatan bersih Baidu dari penawaran tersebut akan menjadi 27,6 miliar dolar Hong Kong atau US $ 3,6 miliar.

Read More

Harga akhir untuk saham tersebut akan ditentukan sebagian oleh harga saham Baidu yang terdaftar di AS pada hari perdagangan terakhir sebelum harga penawaran global, yang diharapkan pada 17 Maret, minggu depan.

Namun, hingga saat ini Baidu menolak berkomentar atas rencananya tersebut. Baidu bergabung dengan daftar panjang perusahaan teknologi China yang saat ini terdaftar di AS dan telah membuat penawaran sekunder di Hong Kong.

Baidu akan bergabung dengan Alibaba, JD.com dan NetEase. Perusahaan streaming video China Bilibili juga telah mengajukan daftar sekunder untuk Hong Kong. Pencatatan ini telah mengubah bursa saham Hong Kong menjadi tempat yang menarik bagi perusahaan teknologi China untuk meningkatkan modal.

Selain itu, Baidu juga bisa memanfaatkan kenaikan 128% sahamnya dalam 12 bulan terakhir untuk menambah modal. Kenaikan tersebut disebabkan perusahaan yang selama ini fokus pada bisnis mobil otonom dan mendirikan perusahaan mandiri. Baidu juga mendirikan bisnis kendaraan listrik independen dengan pembuat mobil Geely dan mengumpulkan uang untuk perusahaan bioteknologi.

Perusahaan tersebut mengatakan akan menggunakan hasil dari listing Hong Kong untuk berinvestasi dalam teknologi dan meningkatkan komersialisasi produk kecerdasan buatannya, meningkatkan dan mendiversifikasi monetisasi, serta untuk tujuan perusahaan secara umum.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250