Badan Reserse Kriminal Mengungkap Metode Pembajakan Akun Whatsapp

  • Whatsapp
Whatsapp Ilustrasi
banner 300x250

Havana88detik – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) mengatakan saat ini terdapat modus kejahatan di dunia siber yang memungkinkan pelaku untuk mengambil alih akun Whatsapp korbannya. Pemilik akun Whatsapp diminta waspada dan berhati-hati saat mendapat pesan dari WhatsApp.

Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Polri, Brigjen Slamet Uliandi mengatakan, biasanya pelaku kejahatan akan mengirimkan link melalui SMS.

Read More

Ia meminta agar pemilik akun tidak mengklik link yang merujuk ke link yang telah disiapkan. Menurut dia, ini cara pertama pelaku membobol rekening.

“Kalau mendapat SMS dari Whatsapp, jangan bagikan kode yang didapat dan jangan klik tautannya,” kata Slamet saat dihubungi wartawan, Kamis (9/3).

Misalnya, dia memberi contoh pesan kode yang diterima oleh akun Whatsapp tertentu yang bertuliskan ‘<#> Kode WhatsApp Business Anda 869-688 Anda juga dapat mengetuk tautan ini untuk memverifikasi telepon Anda: b.whatsapp.com/869688 … . ‘

Pesan semacam itu nantinya akan menjadi pintu masuk para penjahat untuk membobol akun Whatsapp korban.

Dalam hal ini, kata dia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan komunitas digital saat mengakses dunia maya. Misalnya, ada beberapa hal pribadi yang tidak boleh dibagikan.

Slamet mencontohkan, misalnya, warga tidak bisa sembarangan memberikan foto dan nomor KTP. Itu, menurut Bareskrim, bisa menjadi celah bagi pelaku kejahatan.

“Untuk pinjam di aplikasi fintech atau beli barang, bahkan bisa digunakan untuk membobol rekening bank Anda,” ujarnya.

Melansir dari akun Twitter resmi Dittipidsiber Bareskrim Polri @CCICPolri, setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat bertransaksi secara digital maupun online, yaitu:

  • Jangan berikan PIN / OTP Anda kepada siapa pun
  • Ubah PIN / Kata Sandi Anda secara rutin
  • Hindari akses melalui Wifi Umum
  • Aktifkan notifikasi transaksi melalui SMS / e-mail
  • Jangan asal membagikan nomor ponsel yang digunakan untuk transaksi finansial.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250