Apakah Benar Amazon Manipulasi Harga Ebook?

  • Whatsapp
Apakah Benar Amazon Manipulasi Harga Ebook
banner 300x250

Havana88detik – Perusahaan besar Amazon telah dituntut dengan tuduhan manipulasi harga ebook. Hal ini dilaporkan oleh The Wall Street Journal beberapa waktu lalu. Dalam laporan Amazon manipulasi harga ebook, ada pihak yang merasa dirugikan karena harga ebook di platform Amazon terasa dimanipulasi.

Pengaju laporan hukum ini berasal dari Hagens Berman. Lembaga hukum ini maju ke meja hijau New York mengatasnamakan berbagai publisher buku ebook yang merasa dirugikan. Mereka mengatakan bahwa Amazon memberi biaya – biaya tambahan untuk menjual ebook di platform mereka. Hal ini membuat harga ebook melambung untuk mengcover pengeluaran biaya tersebut.

Read More

Tapi disisi lain, Amazon telah melakukan deal dengan publisher HarperCollins Publishers, Hachette Book Group, Penguin Random House, Simon & Schuster dan Macmillan. Karena deal ini, para publisher tersebut bisa menentukan harga yang lebih rendah dibanding para pesaingnya.

Hal ini merupakan kasus manipulasi harga yang sudah masuk pelanggaran. Persaingan yang tidak sehat, bisa masuk dalam monopoli. Hal ini juga lebih terasa saat data tahun 2019 menyatakan 80% penjualan ebook di platform Amazon adalah produk dari 5 publisher tersebut.

Kasus ini sepertinya sama dengan yang dialami Apple beberapa tahun lalu. Pada tahun 2012, Apple dituduh melakukan manipulasi harga untuk ebook di platform mereka. Sidang ini membuat investigasi yang ketat dan berujung dengan kekalahan pihak Apple.

Perusahaan Apple akhirnya harus mengganti rugi sebanyak 450 juta US Dollar sebagai settlement. Mereka juga diharuskan mengembalikan 400 juta US Dollar pada konsumen yang beli ebook di toko mereka.

Dalam investigasi, Apple masih tidak mengaku melakukan modifikasi harga. Walaupun begitu, dari hasil kekalahan di sidang, tentu sudah jelas ada permainan dibalik hal tersebut. Untuk pihak Amazon, mereka belum memberi keterangan apapun mengenai kasus ini.

Ada kemungkinan Amazon manipulasi harga ebook sesuai yang dituduhkan. Jika terbukti, mereka bisa keluar uang banyak untuk melakukan settlement kasus ini. Sampai sekarang, kasus ini masih diproses dan akan diadakan persidangan beberapa hari kedepan. Kita tunggu saja hasil dari persidangan ini.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250