Apakah Aturan Pembatasan Jam Malam Efektif Untuk Covid-19?

  • Whatsapp
Apakah Aturan Pembatasan Jam Malam Efektif Untuk Covid-19
banner 300x250

Havana88detik – Di beberapa daerah, pembatasan social juga meliputi aturan pembatasan jam malam. Pada jam malam ini, semua aktivitas diharapkan berhenti. Mulai dari bepergian keluar rumah sampai usaha di malam hari harus dihentikan. Pembatasan ini diberlakukan untuk mengurangi interaksi sosial dan kerumunan yang dilakukan malam hari.

Salah satu aplikasinya adalah di Bontang. Pemerintah daerah Bontang menerapkan PPKM untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Mereka juga memberlakukan jam malam untuk diatas jam 20.00. Hal ini memang bertujuan baik. Saat tidak banyak orang berkeliaran, kemungkinan penyebaran virus juga menurun.

Read More

Walaupun begitu, banyak masyarakat Bontang yang merasa hal ini menyusahkan. Saat dicari informasi lebih, kebanyakan pedagang UKM merasa dirugikan. Usaha yang hanya bisa buka malam hari jadi kehilangan pendapatan. Jika pemerintah memberlakukan hal ini dalam waktu lama, mereka bisa tidak berpenghasilan sama sekali.

Banyak yang menilai juga bahwa aplikasi jam malam tidak efektif. Apa sebenarnya perbedaan jam malam dengan batasan social di siang hari? Kerumunan bisa terbentuk pada malam hari atau siang hari. Selama orang taat akan aturan batasan social, tidak perlu sampai menyuruh para pengusaha tutup.

Pemerintah daerah cukup mengaplikasikan aturan pembatasan jam malam yang berbeda bentuk. Contoh saja tempat makan yang buka malam hari tidak diizinkan menyediakan kursi atau tempat berkerumun. Jadi saat ada yang beli untuk dibungkus pulang, hal ini masih diizinkan.

Batasan jam malam hanya akan efektif jika ditegakan. Tanpa ada petugas yang berpatroli pada malam hari, banyak kerumunan akan luput. Pengusaha yang diharuskan tutup belum tentu jadi penyebab kerumunan ini. Daripada membuat UKM sulit mengais rejeki, hal ini lebih baik dipikirkan kembali.

Sebagai alternatif, pembatasan malam bisa diberlakukan hanya untuk hari tertentu. Contoh saja pada malam minggu yang terkenal lebih ramai. Atau pada malam menjelang hari libur. Batasan seperti ini tentu tidak masalah karena hanya di hari – hari tertentu.

Para pengusaha cukup mengatur jadwal usaha mereka dan tidak perlu tutup terus. Aturan pembatasan jam malam untuk PPKM memang harus diseimbangkan dengan realitas kesejahteraan masyarakat. Jika tidak hal ini malah membuat masyarakat tidak percaya lagi para pemerintah yang asal memberlakukan aturan.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250