2 WNA Meninggal dalam Kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang

  • Whatsapp
Dua warga negara asing (WNA) juga tewas dalam peristiwa kebakaran di Lapas Kelas I atau Lapas Kelas I Tangerang, Banten.
banner 300x250

Havana88- Dua warga negara asing (WNA) juga tewas dalam peristiwa kebakaran di Lapas Kelas I atau Lapas Kelas I Tangerang, Banten.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly mengungkapkan, dari 41 korban tewas, dua di antaranya adalah warga negara Afrika Selatan dan Portugal.

Read More

“Dua korban yang meninggal merupakan warga negara asing dari Afrika Selatan dan Portugal,” kata Yasonna dalam keterangannya, Rabu (9/8/2021).

Sementara itu, menurut Yasonna, korban tewas lainnya dalam kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang adalah narapidana kasus terorisme, pembunuhan dan sisanya narapidana kasus penyalahgunaan narkoba.

“Salah satu korban yang meninggal adalah narapidana kasus terorisme, satu kasus pembunuhan, dan satu lagi narkoba,” kata Yasonna.

Yasonna menyampaikan belasungkawa kepada para korban dan keluarganya. Yasonna mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk mengevaluasi dan memberikan penanganan terbaik bagi pemulihan korban kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang.

“Saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya untuk para korban dalam kebakaran ini. Ini adalah tragedi yang memprihatinkan bagi kita semua,” katanya.

Lapas Kelas I Tangerang Terbakar Kapasitasnya

Blok C2 Lapas Klas I Tangerang yang terbakar pada Rabu pagi (8/9/2021), ternyata over kapasitas.

“Kondisi Lapas memang over capacity. Dari kapasitas yang seharusnya hanya 40, tapi diisi 120,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan, Rika Aprianti, Rabu (8/8). /9/2021).

Menurut Rika, di Blok C2 ada 19 sel tahanan. Sel itu seharusnya hanya diisi 40 tahanan, tetapi diisi 120 tahanan.

Secara keseluruhan Lapas Klas I Tangerang hanya diisi 900 narapidana, namun saat ini diisi 2.069 orang.

“Yang jelas over capacity ini bukan alasan, tapi tantangan yang harus kita hadapi. SOP tetap kita ikuti, terus berjalan, apalagi menangani kebakaran seperti ini,” kata Rika.

Lapas Kelas I Tangerang terbakar sekitar pukul 01.45 WIB, api mulai padam sekitar pukul 04.00 WIB. Sebanyak 41 korban meninggal dunia, 72 korban luka ringan dan 8 korban luka berat. Sebanyak 122 korban akibat kebakaran tersebut.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250